STUDI KORELASI KEGIATAN PRAMUKA YANG BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 WONOSARI
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5584
Keywords:
Pramuka, Etnomatematika, Motivasi Belajar, Matematika, KorelasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka berbasis etnomatematika terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Wonosari. Pendekatan etnomatematika mengaitkan pembelajaran matematika dengan budaya lokal, yang diterapkan dalam kegiatan pramuka untuk meningkatkan minta dan motivasi siswa dalam memahami matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan wawancara, dengan analisis data menggunakan uji korelasi pearson dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi yang menunjukkan hubungan sedang, artinya semakin aktif siswa dalam kegiatan pramuka berbasis etnomatematika, semakin tinggi pula motivasi belajar matematika. Sedangkan analisis regresi linier sederhana mengungkapkan bahwa peningkatan partisipasi dalam kegiatan ini memberikan hasil positif terhadap motivasi belajar siswa. Artinya etnomatematika dalam kegiatan pramuka dapat menjadi strategi alternatif yang efektif untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa.
Downloads
References
Ardiyanti, B., & Fitria Ningsih, E. (2024). Etnomatematika Bangunan Pionering Pramuka terhadap Minat dan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 156–161. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.508
Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2), 59–134. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/907/727
BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2, 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Darmanto, Ma’ruf, A. H., & Warti, E. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika SMPN 2 Pasarkemis Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 202, 2021: Pendidikan Matematika, 101–108. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1109
Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, I. D., & Sulistyani, N. (2017). ETHNOMATHEMATICA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PEMBELAJARAN BILANGAN DENGAN MEDIA BATIK MADURA, TARI KHAS TRENGGAL DAN TARI KHAS MADURA). Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 716–721. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/4820
Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring. MATHEMA JOURNAL, 3, 117–126. https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1310
Hasanah, M. H., Wulandari, A. A., & Rusidah, N. (2021). Google Meet dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS-3 SMAN 1 Tawangsari. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.1828
Hidayatulloh. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Tenda Pramuka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 31544–31550.
Mahardika, I. K., Melinda, A., Putri, N. T., Avkarinah, Z. I., Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 4 Probolinggo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 499–505. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP
Marbun, Y. M. R. (2021). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Jurnal Mathematic Pendagogic, 52(2), 111–120. https://doi.org/10.36294/jmp.vxix.xxx
Maskar, S. (2018). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar Untuk Siswa Smp/Mts Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 7(1), 53–69. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma
Oktaviani, D. N., & Rokhman, M. S. (2014). PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. Cakrawala: Jurnal Penelitian dan Wacana Pendidikan, 8(13), 83–91. https://cakrawala.upstegal.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/88
Rahman, S. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” 289–302. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076
Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184–190. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1 ed.). Alfabeta.
Wahyuni, S. A. B., Afghohani, A., & Wulandari, A. A. (2024). ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI GEOMETRIS PADA DESAIN BANGUNAN MASJID AGUNG SURAKARTA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 873–882. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.4207
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai7, 7(1), 2896–2910. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187
Zamsir, Masi, L., & Fajrin, P. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170–181. https://www.neliti.com/publications/317558/pengaruh-motivasi-belajar-terhadap-hasil-belajar-matematika-siswa-smpn-1-lawa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.