PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.5384

Authors

  • Rio Nur Sholeh Universitas Cenderawasih
  • Bettisari Napitupulu Universitas Cenderawasih
  • Irfan Wahyudi Universitas Cenderawasih

Keywords:

Penemuan Terbimbing, Geogebra, Trigonometri, Hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada materi perbandingan trigonometri di kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Lewin yang terdiri atas dua siklus yang masing – masing terdiri atas empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X PPLG 2 SMKS Hikmah Yapis Jayapura yang berjumlah 18 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru dan tanggapan peserta didik selama pembelajaran, sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 33% dengan rata – rata nilai 53,7 meningkat menjadi 77% dengan rata – rata nilai 78,3 pada siklus 2. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada materi perbandingan trigonometri dapat meningkat hasil belajar peserta didik kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Asari,dkk. (2023). Pengantar Statistika. Sumatra Barat: PT MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA.

Artawan, G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Teks Biografi. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 217. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12151

Elbadiansyah, M. (2021). Belajar Dan Pembelajaran (Konsep, Teori, dan Praktek). 238.

Fitriasari, P. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441

Kadir, K., Mulyati, S., & Chandra, T. D. (2018). Penerapan langkah-langkahpembelajaran Van Hiele berbantuan media manipulatif sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep segiempat peserta didik. Jurnal Pendidikan, 3(1), 134–145.
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Maula, I. (2019). Pembelajaran Matematika Guided Discovery. In Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KTD) (Vol. 1, Issue 1).

Pinton Setya Mustafa, dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga . Mojokerto: Insight Mediatama.
https://doi.org/10.26877/jp3.v6i2.7369

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Geogebra dan pemahaman konsep. Prisma, 9(1), 108–117.

Downloads

Published

2025-03-21

How to Cite

Sholeh, R. N., Napitupulu, B., & Wahyudi, I. . (2025). PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 14–28. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.5384