PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.5384
Keywords:
Penemuan Terbimbing, Geogebra, Trigonometri, Hasil belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada materi perbandingan trigonometri di kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Lewin yang terdiri atas dua siklus yang masing – masing terdiri atas empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X PPLG 2 SMKS Hikmah Yapis Jayapura yang berjumlah 18 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru dan tanggapan peserta didik selama pembelajaran, sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 33% dengan rata – rata nilai 53,7 meningkat menjadi 77% dengan rata – rata nilai 78,3 pada siklus 2. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada materi perbandingan trigonometri dapat meningkat hasil belajar peserta didik kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura.
Downloads
References
Artawan, G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Teks Biografi. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 217. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12151
Elbadiansyah, M. (2021). Belajar Dan Pembelajaran (Konsep, Teori, dan Praktek). 238.
Fitriasari, P. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441
Kadir, K., Mulyati, S., & Chandra, T. D. (2018). Penerapan langkah-langkahpembelajaran Van Hiele berbantuan media manipulatif sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep segiempat peserta didik. Jurnal Pendidikan, 3(1), 134–145.
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Maula, I. (2019). Pembelajaran Matematika Guided Discovery. In Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KTD) (Vol. 1, Issue 1).
Pinton Setya Mustafa, dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga . Mojokerto: Insight Mediatama.
https://doi.org/10.26877/jp3.v6i2.7369
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Geogebra dan pemahaman konsep. Prisma, 9(1), 108–117.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.