KAJIAN LITERATUR: PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5083

Authors

  • Jihan Putri Nur'aini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kartini Kartini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika, SMK, Kajian Literatur

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi terkait problematika penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika di SMK. Untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika di SMK maka dipilih metode studi literatur atau tinjauan pustaka. Dalam penelitian ini diawali dengan menentukan tema, kemudian mengumpulkan artikel dari jurnal nasional dalam rentang tahun 2021 sampai tahun 2023 yang relevan dengan topik Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika di tingkat SMK. Tinjauan pustaka yang dilakukan bersumber dari basis data Google Schooler. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika di SMK masih menghadapi beberapa tantangan, namun juga menunjukkan potensi yang baik. Tantangannya antara lain: rendahnya kemampuan literasi dan numerasi, banyak peserta didik yang memiliki pandangan negatif terhadap matematika sehingga kurang termotivasi untuk belajar, kurangnya fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk mendukung pembelajaran matematika yang efektif, serta kesulitan guru dalam menyesuaikan diri dengan model pembelajaran yang baru. Potensinya antara lain: pentingnya kecerdasan emosional dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah, dan kurikulum ini memberikan fleksibilitas bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan konteks pembelajaran dan karakteristik peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 1(1), 75–87.
Daimah, U. S., & Suparni, S. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(2), 131–139. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/888/453
Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507
Funny, R. A. (2021). Penguatan Paradigma Siswa SMK Penerbangan Terhadap Peran dan Kompetensi Matematika bagi Masa Depan. Jurnal Anugerah, 3(2), 57–68. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3512
Hapsari, N. T. M. W. (2023). Inovasi Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMKN 1 Surakarta Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 104–111. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1562
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148
Oktavia, F. T. A., Maharani, D., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di SMKN 2 Pacitan. Jurnal Edumatic, 4(2), 14–23.
Putri, S. A., & Musdi, E. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X SMK Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Kastolan. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 169–176. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.9871
Ramadhan, S., Purbaningrum, M., Raudyathauzahra, R., & Setyaningrum, W. (2023). Penggunaan Teknologi Untuk Mengembangkan Literasi Matematika Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3231–3245. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7526
Riza, F., & Yoto, Y. (2023). Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK untuk Menjawab Tantangan Industri Modern. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(4), 940–947. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1643
Santi, D. P. D., Setiyani, S., Suhena, E., Dwiyanti, F., & Suryana, N. (2021). Analisis Self Confidence Pada Siswa Kelas XI Sekolah Kejuruan (SMK) Dalam Pembelajaran Matematika Daring. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 79–86. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8338

Downloads

Published

2025-04-09

How to Cite

Putri Nur'aini, J., Kartini, K., & Sutirna, S. (2025). KAJIAN LITERATUR: PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 156–163. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5083