KAJIAN LITERATUR: PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5083
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika, SMK, Kajian LiteraturAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi terkait problematika penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika di SMK. Untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika di SMK maka dipilih metode studi literatur atau tinjauan pustaka. Dalam penelitian ini diawali dengan menentukan tema, kemudian mengumpulkan artikel dari jurnal nasional dalam rentang tahun 2021 sampai tahun 2023 yang relevan dengan topik Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika di tingkat SMK. Tinjauan pustaka yang dilakukan bersumber dari basis data Google Schooler. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika di SMK masih menghadapi beberapa tantangan, namun juga menunjukkan potensi yang baik. Tantangannya antara lain: rendahnya kemampuan literasi dan numerasi, banyak peserta didik yang memiliki pandangan negatif terhadap matematika sehingga kurang termotivasi untuk belajar, kurangnya fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk mendukung pembelajaran matematika yang efektif, serta kesulitan guru dalam menyesuaikan diri dengan model pembelajaran yang baru. Potensinya antara lain: pentingnya kecerdasan emosional dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah, dan kurikulum ini memberikan fleksibilitas bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan konteks pembelajaran dan karakteristik peserta didik.
Downloads
References
Daimah, U. S., & Suparni, S. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(2), 131–139. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/888/453
Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507
Funny, R. A. (2021). Penguatan Paradigma Siswa SMK Penerbangan Terhadap Peran dan Kompetensi Matematika bagi Masa Depan. Jurnal Anugerah, 3(2), 57–68. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3512
Hapsari, N. T. M. W. (2023). Inovasi Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMKN 1 Surakarta Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 104–111. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1562
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148
Oktavia, F. T. A., Maharani, D., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di SMKN 2 Pacitan. Jurnal Edumatic, 4(2), 14–23.
Putri, S. A., & Musdi, E. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X SMK Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Kastolan. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 169–176. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.9871
Ramadhan, S., Purbaningrum, M., Raudyathauzahra, R., & Setyaningrum, W. (2023). Penggunaan Teknologi Untuk Mengembangkan Literasi Matematika Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3231–3245. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7526
Riza, F., & Yoto, Y. (2023). Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK untuk Menjawab Tantangan Industri Modern. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(4), 940–947. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1643
Santi, D. P. D., Setiyani, S., Suhena, E., Dwiyanti, F., & Suryana, N. (2021). Analisis Self Confidence Pada Siswa Kelas XI Sekolah Kejuruan (SMK) Dalam Pembelajaran Matematika Daring. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 79–86. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8338
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.