PENGEMBANGAN LITERASI MATEMATIS PADA KONTEKS MASJID RAYA AL-AZHOM UNTUK SISWA SMP
Keywords:
Masjid Raya Al-Azhom, Pengembangan Instrumen, Literasi MatematisAbstract
Kurangnya minat baca masyarakat Indonesia adalah salah satu penyebab nilai literasi matematis PISA di Indonesia rendah. Pada tahun 2022, nilai literasi matematis siswa Indonesia masih jauh di bawah rata-rata nilai PISA. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument literasi matematis siswa berdasarkan level PISA pada tahun 2022 dalam upaya meningkatkan nilai PISA di Indonesia. Instrumen pada penelitian ini menggunakan konteks budaya, yakni Masjid Raya Al-Azhom Tangerang. Instrument diuji pada siswa kelas 8 SMPN 1 Rajeg dengan subyek yakni 5 kelas. Subyek penelitian melewati beberapa tahap penelitian, yakni one-to-one, small group, dan field test untuk menilai dampak potensial pada instrumen. Instrumen diuji oleh 4 ahli untuk menghasilkan instrument yang valid dan reliabel. Validasi diuji menggunakan validitas Aiken dan reliabilitas menggunakan metode tes-retest yang diuji menggunakan metode Pearson. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa telah memiliki beberapa dampak potensial pada level PISA, yakni memahami informasi yang terdapat pada literasi matematis. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum dapat mengklasifikasikan bilangan desimal berdasarkan urutan kecil—besar atau sebaliknya serta minimnya pengetahuan para siswa mengenai rumus-rumus sederhana untuk diaplikasikan pada masalah sehari-hari. Penelitian pengembangan ini menghasilkan 8 (delapan) isntrumen literasi matematis menggunakan konteks Masjid Raya Al-Azhom yang memiliki nilai validitas 0,8 dengan kategori tinggi dan nilai reliabilitas sebesar 0,91 dengan kategori korelasi tinggi.
Downloads
References
Amelia, I., Syamsuri, Santosa, C. A., & Fatah, A. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1720-1730.
Ardiansyah, A. S., & Asikin, M. (2023). STEM Context: Alternatif Implementasi STEM Education pada Pembelajaran Matematika. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 111-119.
Cahya, A. R., Syamsuri, Santosa, C. A., & Mutaqin, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematika. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1-15.
Hasanah, U., & Silitonga, M. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.
Khoiriyah, N., Hidayat, A., & Fadhilaturrahmi. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Matematika. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 133-137.
Kusumawardani, D., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 588–595.
Nabilah, S., Pujiastuti, H., & Syamsuri, S. (2023). Systematic Literature Review : Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika, Jenjang, Materi, Model dan Media Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2436-2443. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1448.
Ndolu, S. W., & Lalang, A. R. (2023). Studi Literatur : Penilaian Pembelajaran Matematika yang Mendukung Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Character and Elementary Education, 30-39.
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 107-126.
OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en. .
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research: An Introduction. Belanda: SLO .
Putri, R., & Zulkardi. (2020). Designing PISA-Like Mathematics Task Using Asian Games Context. Journal on Mathematics Education, 135–144. https://doi.org/10.22342/jme.
Saputro, H. B., & Nurrahmi, A. (2023). Analisis Strategi Guru dalam Mengoptimalkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sangonan 3. Differential : Journal on Mathematics Education, 56-67.
Susanta, A., Sumardi, H., Susanto, E., & Retnawati, H. (2023). Mathematics Literacy Task on Number Pattern Using Bengkulu Context for Junior High School Students . Journal on Mathematics Education, 85–102. https://doi.org/10.22342/JME.V14I1.PP85-102.
Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022, Desember 5). WuryanMengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Diambil kembali dari Direktorat Guru Dikdas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.