PENGARUH SIKAP PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN DASAR BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMP NEGERI 1 PONRE KABUPATEN BONE
Keywords:
sikap, kemampuan dasar berhitung, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang bagaimana sikap pada pelajaran matematika, kemampuan dasar berhitung, dan hasil belajar matematika siswa kelas II SMP Negeri 1 Ponre Kabupaten Bone Tahun Pelajaran 2003/2004, serta juga untuk mengetahui sikap pada pelajaran matematika dan kemampuan dasar berhitung memiliki pengaruh secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap hasil belajar matematika siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah sikap pada pelajaran matematika dan kemampuan dasar berhitung sebagai variabel independen, dan hasil belajar matematika sebagai variabel dependen. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif untuk variabel sikap pada pelajaran matematika diperoleh skor rata-rata 74,77; simpangan baku 5,69 dan berada pada kategori sedang; untuk variabel kemampuan dasar berhitung diperoleh skor rata-rata 64,80; simpangan baku 13,64 dan berada pada kategori sedang; dan variabel hasil belajar matematika diperoleh skor rata-rata 52,71; simpangan baku 18,28 dan berada pada kategori sangat rendah. Analisis statistik inferensial yang digunakan yaitu analisis regresi linier ganda untuk menguji hipotesis. Hasil analisis statistik inferensial menghasilkan persamaan regresi linier ganda Y = 4,393 – 0,497 X1 + 1,319 X2 , di mana sikap pada pelajaran matematika dan kemampuan dasar berhitung secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung = 41,64 > Ftabel = 3,30 dan p-value < 0,05; sikap pada pelajaran matematika tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan thitung = –0,77 > – ttabel = –2,04 dan p-value = 0,449 > 0,025, sedangkan kemampuan dasar berhitung berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan thitung = 4,88 > ttabel = 2,04 dan p-value < 0,025.
Downloads
References
Agung, A. A. Gede. 2003. Konsep dan Teknik Analisis Data Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, FIP IKIP Negeri Singaraja.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
John A. Van de Walle. 2002. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.
Russefendi, E.T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika CBSA. Bandung: Tarsito.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
The Liang Gie. 1994. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: PUBIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.