PENGARUH SIKAP PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN DASAR BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMP NEGERI 1 PONRE KABUPATEN BONE

Authors

  • Sirajuddn Sirajuddn MTs Negeri Kota Palopo
  • Nurlaela Sayuti Amik Ibnu Khaldun Palopo

Keywords:

sikap, kemampuan dasar berhitung, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang bagaimana sikap pada pelajaran matematika, kemampuan dasar berhitung, dan hasil belajar matematika siswa kelas II SMP Negeri 1 Ponre Kabupaten Bone Tahun Pelajaran 2003/2004, serta juga untuk mengetahui sikap pada pelajaran matematika dan kemampuan dasar berhitung memiliki pengaruh secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap hasil belajar matematika siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah sikap pada pelajaran matematika dan kemampuan dasar berhitung sebagai variabel independen, dan hasil belajar matematika sebagai variabel dependen. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis  statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif untuk variabel sikap pada pelajaran matematika diperoleh skor rata-rata 74,77; simpangan baku 5,69 dan berada pada kategori sedang; untuk variabel kemampuan dasar berhitung diperoleh skor rata-rata 64,80; simpangan baku 13,64 dan berada pada kategori sedang; dan variabel hasil belajar matematika diperoleh skor rata-rata 52,71; simpangan baku 18,28 dan berada pada kategori sangat rendah. Analisis statistik inferensial yang digunakan yaitu analisis regresi linier ganda untuk menguji hipotesis. Hasil analisis statistik inferensial menghasilkan persamaan regresi linier ganda Y = 4,393 – 0,497 X1 + 1,319 X2 , di mana sikap pada pelajaran matematika dan kemampuan dasar berhitung secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil  belajar matematika dengan Fhitung = 41,64 > Ftabel = 3,30 dan p-value < 0,05;  sikap pada pelajaran matematika tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan thitung = –0,77 > – ttabel = –2,04 dan p-value =  0,449 > 0,025, sedangkan kemampuan dasar berhitung berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika  dengan thitung = 4,88 > ttabel = 2,04 dan p-value < 0,025.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Agung, A. A. Gede. 2003. Konsep dan Teknik Analisis Data Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, FIP IKIP Negeri Singaraja.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
John A. Van de Walle. 2002. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.
Russefendi, E.T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika CBSA. Bandung: Tarsito.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
The Liang Gie. 1994. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: PUBIB.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Sirajuddn, S., & Sayuti, N. . (2024). PENGARUH SIKAP PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN DASAR BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMP NEGERI 1 PONRE KABUPATEN BONE. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 352–362. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/4955