EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JARIMATIKA BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 2 SDN 24 TEMMALEBBA

Authors

  • Nurul Difa Sahrani Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nursyamsi Nursyamsi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nilam Permatasari Munir Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Metode Jaritmatika, Media flashcard, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan metode jarimatika dengan bantuan media flashcard dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada konsep penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II di SDN 24 Temmalebba. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe two group pretest-posttest control group, penelitian ini melibatkan 60 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen (II A) dan kelas kontrol (II B), masing-masing berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest serta dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai pretest 48,67 (tidak tuntas) dan nilai posttest 87,67 (tuntas) setelah intervensi, sedangkan kelas kontrol rata-rata pretest 47,33 dan posttest 81,00. Uji-t inferensial menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, menandakan bahwa penggunaan jaritmatika berbantuan flashcard memiliki efektivitas yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada konsep penjumlahan dan pengurangan di kelas 2 SDN 24 Temmalebba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, Nina, Paskalia Pradanti, and Yuliana, ‘Teori Perkembangan Piaget Dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?’, Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5.1 (2022),568–82 https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Ambarwati, Lilis Suryani, and Baderiah, ‘Efektivitas Penggunaan Ice Breaking Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Cacah Kelas II Sekolah Dasar’, Jurnal Konsepsi, 12.3 (2023), 46–52
Hamzah, ‘Pengaruh Pendekatanpembelajaran Matematika Realistikterhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Ii Sd Inpres No 181 Pattopakang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar’ (Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019)
Hasanah, Niswatun, Program Studi, Pendidikan Guru, Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu, Tarbiyah Dan, and others, SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA Skripsi, ed. by Niswatun Hasanah (Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2016,2016), http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32098
Himmah, Khusnul, Jamal Makmur Asmani, and Latifah Nuraini, ‘Efektivitas Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa’, Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1.1 (2021), 57–68 <https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270>
Huljannah Arianto, Mifta, Fatmaridah Sabani, Ervi Rahmadani, Sukmawaty Sukmawaty, Muhammad Guntur, and Irfandi Irfandi, ‘Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar’, Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7.1 (2024), 23–31 <https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.711>
Maulidah, Riswana, Rarasaning Satianingsih, and Via Yustitia, ‘Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental Untuk Keterampilan Berhitung Siswa’, Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8.1 (2021), 7–14 <https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.963>
Munir, Nilam Permatasari, ‘Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality ( AR ) Pemodelan Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pendahuluan’, Refleksi, 12.3 (2024), 149–60
Negara, Hasan Sastra, Konsep Dasar Matematika Untuk PGSD (Bandar Lampung: CV Aura, 2016)
Nugroho, Fajar Prasetiyo, ‘Pengaruh Media Flashcard Terhadap Efektivitas Belajar Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar’, JPGSD, 11.5 (2023), 1090–99
Raupu, Sumardin, Dwi Risky Arifanti, Aisyah Aisyah, Sitti Zuhaerah Thalhah, Taqwa Taqwa, and Nursyamsi Nursyamsi, ‘Efektivitas Teknik Jarimatika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12.2 (2023), 2378 <https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7452>
Soimatun, Isna, ‘Penerapan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Di Mi Ma’Arif Setono …’ (IAIN PONOROGO, 2022) <http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20620%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/20620/1/SKRIPSI_ISNA SOIMATUN_203180058.pdf>

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Sahrani, N. D. ., Nursyamsi, N., & Munir, N. P. . (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JARIMATIKA BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 2 SDN 24 TEMMALEBBA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 338–351. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/4952