EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JARIMATIKA BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 2 SDN 24 TEMMALEBBA
Keywords:
Metode Jaritmatika, Media flashcard, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan metode jarimatika dengan bantuan media flashcard dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada konsep penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II di SDN 24 Temmalebba. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe two group pretest-posttest control group, penelitian ini melibatkan 60 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen (II A) dan kelas kontrol (II B), masing-masing berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest serta dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai pretest 48,67 (tidak tuntas) dan nilai posttest 87,67 (tuntas) setelah intervensi, sedangkan kelas kontrol rata-rata pretest 47,33 dan posttest 81,00. Uji-t inferensial menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, menandakan bahwa penggunaan jaritmatika berbantuan flashcard memiliki efektivitas yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada konsep penjumlahan dan pengurangan di kelas 2 SDN 24 Temmalebba.
Downloads
References
Ambarwati, Lilis Suryani, and Baderiah, ‘Efektivitas Penggunaan Ice Breaking Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Cacah Kelas II Sekolah Dasar’, Jurnal Konsepsi, 12.3 (2023), 46–52
Hamzah, ‘Pengaruh Pendekatanpembelajaran Matematika Realistikterhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Ii Sd Inpres No 181 Pattopakang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar’ (Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019)
Hasanah, Niswatun, Program Studi, Pendidikan Guru, Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu, Tarbiyah Dan, and others, SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA Skripsi, ed. by Niswatun Hasanah (Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2016,2016), http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32098
Himmah, Khusnul, Jamal Makmur Asmani, and Latifah Nuraini, ‘Efektivitas Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa’, Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1.1 (2021), 57–68 <https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270>
Huljannah Arianto, Mifta, Fatmaridah Sabani, Ervi Rahmadani, Sukmawaty Sukmawaty, Muhammad Guntur, and Irfandi Irfandi, ‘Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar’, Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7.1 (2024), 23–31 <https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.711>
Maulidah, Riswana, Rarasaning Satianingsih, and Via Yustitia, ‘Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental Untuk Keterampilan Berhitung Siswa’, Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8.1 (2021), 7–14 <https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.963>
Munir, Nilam Permatasari, ‘Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality ( AR ) Pemodelan Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pendahuluan’, Refleksi, 12.3 (2024), 149–60
Negara, Hasan Sastra, Konsep Dasar Matematika Untuk PGSD (Bandar Lampung: CV Aura, 2016)
Nugroho, Fajar Prasetiyo, ‘Pengaruh Media Flashcard Terhadap Efektivitas Belajar Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar’, JPGSD, 11.5 (2023), 1090–99
Raupu, Sumardin, Dwi Risky Arifanti, Aisyah Aisyah, Sitti Zuhaerah Thalhah, Taqwa Taqwa, and Nursyamsi Nursyamsi, ‘Efektivitas Teknik Jarimatika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12.2 (2023), 2378 <https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7452>
Soimatun, Isna, ‘Penerapan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Di Mi Ma’Arif Setono …’ (IAIN PONOROGO, 2022) <http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20620%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/20620/1/SKRIPSI_ISNA SOIMATUN_203180058.pdf>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.