PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4871

Authors

  • A’liyya Putri Universitas Negeri Medan
  • Hasratuddin Hasratuddin Universitas Negeri Medan

Keywords:

Audio Visual, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Matematika Realistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik dari pembelajaran biasa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Kelas VIII-5 selaku kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual, sedangkan kelas VIII-7 adalah kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran biasa. Test pretest dan posttest digunakan sebagai instrument dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa adanya pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual (kelas eksperimen) lebih baik dari pembelajaran biasa (kelas kontrol) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan setalah menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual ketuntasan klasikal siswa lebih besar dari kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh bahwa rhitung > rtabel (0,830> 0,361) dengan koefisien determinasi r square = 0,689 yang artinya beperngaruh sebesar 68,9% dan persentase ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen sebesar 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Fitriani. (2020). Jurnal Tadris Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika: Journal Tadris Matematika, 01(01), 14–19.
Hasniati, H., Jais, E., & Herlawan, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 133–139. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.268
Kausar, Maulana. et al. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Smk Trisakti Jaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022.
LUTFIANA, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
Rahil, R., Tuti, T. Z., & Khairunnisak, C. K. (2021). Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS pada Materi Aljabar. Jurnal Peluang, 5158, 17–26. https://doi.org/10.24815/jp.v9i2.26488
Refianti, R., & Rosalina, E. (2020). Kelas Viii Smp Menggunakan Pendekatan Matematika. 3(1), 45–51.
Silvia, Joko Partasiwi, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Semester Genap Upt Smp Negeri 35 Bandar Lampung.
Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.26-33
Wahyuni, N. P., & Masriyah, M. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah PISA pada Konten Change and Relationship Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2604–2618. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.901

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Putri, A., & Hasratuddin, H. (2024). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263–274. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4871