PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4871
Keywords:
Audio Visual, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Matematika RealistikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik dari pembelajaran biasa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Kelas VIII-5 selaku kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual, sedangkan kelas VIII-7 adalah kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran biasa. Test pretest dan posttest digunakan sebagai instrument dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa adanya pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual (kelas eksperimen) lebih baik dari pembelajaran biasa (kelas kontrol) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan setalah menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual ketuntasan klasikal siswa lebih besar dari kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh bahwa rhitung > rtabel (0,830> 0,361) dengan koefisien determinasi r square = 0,689 yang artinya beperngaruh sebesar 68,9% dan persentase ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen sebesar 90%.
Downloads
References
Fitriani. (2020). Jurnal Tadris Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika: Journal Tadris Matematika, 01(01), 14–19.
Hasniati, H., Jais, E., & Herlawan, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 133–139. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.268
Kausar, Maulana. et al. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Smk Trisakti Jaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022.
LUTFIANA, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
Rahil, R., Tuti, T. Z., & Khairunnisak, C. K. (2021). Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS pada Materi Aljabar. Jurnal Peluang, 5158, 17–26. https://doi.org/10.24815/jp.v9i2.26488
Refianti, R., & Rosalina, E. (2020). Kelas Viii Smp Menggunakan Pendekatan Matematika. 3(1), 45–51.
Silvia, Joko Partasiwi, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Semester Genap Upt Smp Negeri 35 Bandar Lampung.
Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.26-33
Wahyuni, N. P., & Masriyah, M. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah PISA pada Konten Change and Relationship Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2604–2618. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.901
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.