ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4865
Keywords:
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Adversity QuotientAbstract
Penelitian ini menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dri adversity quotient di salah satu sekolah di Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan adversity quotient. Metode yang digunakan adalah eksploratif dengan pengumpulan data melalui tes kemampuan representasi matematis, angket resiliensi matematis, dan wawancara. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas VIII D SMPN 15 Tasikmalaya yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket adversity quotient, yang dikategorikan sebagai climber, camper, dan quitter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Climber, Siswa dengan kategori ini mampu memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep, menyatakan ulang konsep, mengembangkan syarat perlu dan cukup suatu konsep, mengklasifikasikan objek sesuai konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi, menggunakan prosedur tertentu, serta mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah. Mereka menunjukkan sikap tidak mudah menyerah dan memiliki cara sendiri untuk mempermudah pemecahan soal. Mereka juga aktif bersosialisasi dan berdiskusi untuk menemukan jawaban yang tepat. Camper, Siswa dalam kategori ini memiliki kemampuan serupa dalam memahami konsep matematis seperti climber. Namun, mereka cenderung puas dengan apa yang telah dicapai dan tidak berusaha lebih jauh. Saat jawaban mereka salah, mereka merasa sudah cukup dengan usaha yang dilakukan dan tidak berusaha memperbaikinya lebih lanjut. Quitter, Siswa dengan kategori ini juga memiliki kemampuan dasar dalam memahami konsep matematis tetapi mudah menyerah saat menghadapi kesulitan. Mereka cenderung menghindari masalah tanpa berusaha mencari solusi, tidak menanyakan kepada teman sebaya, dan tidak mencoba menemukan jawaban yang tepat. Sehingga Penelitian ini menunjukkan hubungan antara adversity quotient dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Downloads
References
Indriani, R., Metalin, A., Puspita, I., Ninawati, M., Handayani, H., Pasundan, U., & Matematis, P. (2019). CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN. Urnal Pendidikan Matematika, 4(1), 109–116. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.VOL4NO1.2019PP109-116
Sari, L. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Didactical Mathematics, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2016
Setiani, N., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. 06(02), 2286–2297.
Stoltz. (2004). Adversity quotient Mengubah Hambatan menjadi Peluang. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pJfgeBcKF3EC&oi=fnd&pg=PA3&dq=Adversity+quotient+Mengubah+Hambatan+menjadi+Peluang.&ots=5OeNQDaKBc&sig=5nogT_Cg145hBi7ZympVD47UTPE&redir_esc=y#v=onepage&q=Adversity quotient Mengubah Hambatan menjadi Peluang.&
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.