PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN NEARPOD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4863
Keywords:
Pengembangan bahan ajar, ADDIE, Nearpod, Kemampuan berpikir analitisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menilai kelayakan pengembangan bahan ajar dengan dukungan nearpod dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Metode penelitian melibatkan pendekatan Research & Development (R&D) dengan penerapan model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berbagai teknik pengumpulan data, termasuk wawancara, distribusi angket validasi dan respon peserta didik, serta uji kemampuan berpikir analitis. Lembar kisi-kisi wawancara, lembar validitas, angket respon peserta didik, serta evaluasi kemampuan berpikir analitis merupakan komponen-komponen yang membentuk instrumen penelitian. Uji coba kelompok kecil melibatkan kelas VII F dengan 10 peserta didik dan uji coba lapangan melibatkan kelas VII K dengan 20 peserta didik. Evaluasi kelayakan bahan ajar dilakukan untuk menilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan ditentukan oleh para ahli di bidang materi dan media melalui angket validasi, dengan perolehan 86,37% dari ahli materi dan 93% dari ahli media. Kepraktisan ditentukan oleh respon peserta didik melalui angket, pada uji kelompok kecil didapatkan hasil 92,8% sedangkan pada uji coba lapangan didapatkan hasil 85,6%. Dan keefektifan ditentukan berdasarkan hasil tes pretest dan posttest dengan menerapkan rumus N-gain, di mana skor pretest 39,5 dan skor posttest 61,8 menghasilkan nilai N-gain 0,368 dalam kategori sedang. Temuan dari penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan bahan ajar berbantuan nearpod efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik di SMPN 10 Tasikmalaya.
Downloads
References
Ati, S. (2024). Model Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Sastra Lisan Dolabololo. CV. Azka Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=BjDxEAAAQBAJ
Aulia, U., & Baalwi, M. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Nearpod Pada Tema 6 Subtema Perubahan Energi Kelas III MI Roudlotul Mustashlihin Sukodono. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(1), 54–68. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i1.9
Fitriani, Fadly, Wi., & Faizah, U. N. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 55–67. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.64
Fitriyani, I., Astuti, E. P., & Nugraheni, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Geometri Materi Bangun Datar pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 163. https://doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.163-174
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Horbo, B. M. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Kabupaten Tapanuli Utara. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1767–1774. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.502
Jusuf, H., & Istiyowati, L. S. (2023). Penelitian R&D dalam Bidang Teknologi Pendidikan. Indonesia Emas Group. https://books.google.co.id/books?id=jbG5EAAAQBAJ
Kartikasari, D. (2022). Berpikir Analisis Melalui Self Question. Penerbit P4I. https://books.google.co.id/books?id=l42JEAAAQBAJ
Kusumaningsih, H. (2022). Cooperative Learning Model STAD dalam Pembelajaran Bangun Datar. Cahya Ghani Recovery. https://books.google.co.id/books?id=nsmlEAAAQBAJ
Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305–316. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1410
Murni, A. W., & Yasin, F. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek pada Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6196–6210. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1696
Nispiah, N., & Alwin. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod terhadap Hasil Belajar. Jurnal Georafflesia, 8(1), 9–18. https://doi.org/10.32663/georaf.v8i1.3493
Nur, F., & Masita. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Nas Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=tESHEAAAQBAJ
Parwati, A. F., & Triatmanto. (2023). Pengembangan Aplikasi Keanekaragaman Tanaman Obat Merapi Farma Herbal Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Beprikir Analitis Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1), 10–21. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb
Rachmawati, V., & Sukarmin. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Kimia Materi Struktur Atom Kelas X MIPA. Chemistry Education Practice, 5(2), 120–126. https://doi.org/10.29303/cep.v5i2.3557
Shafriyanti, N. A., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Modul Berbantuan Gambar Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa SMP. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 2(1), 31–38. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1219
Subakti, D. P., Marzal, J., & Haris Effendi Hsb, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264.
Suriani, L., & Amini, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Smart Apps Creator Berbasis Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 575–589.
Wahyuni, S., Wulandari, E. U. P., Rusdianto, Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Pengembangan Mobile Learning Module Berbasis Android untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa Smp. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 125–134. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.266
Widiawati, Y., Nurmaningsih, & Haryadi, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 12–25. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.354
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.