UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING DI SMP SWASTA SIEMPAT TERAN NAMAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4854

Authors

  • Iren Hebrina Br Ginting Ginting Universitas Negeri Medan
  • Glory Indira D. Purba Universitas Negeri Medan

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Circuit Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siwa melalui model Circuit Learning di kelas VIII SMP Swasta Siempat Teran Naman. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, untuk setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 di SMP Swasta Siempat Teran Naman dengan 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes kemampuan komunikasi matematis dan obsevasi guru. Diperoleh hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkannya model Circuit Learning. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dapat diketahui dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada tes kemampuan awal 2 siswa (7,69%) yang mencapai nilai KKM dengan rata rata tes kemampuan komunikasi 42,69 dalam kategori rendah. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 61,53% atau 16 siswa mencapai nilai KKM dengan nilai rata rata sebesar 75,96 dalam kategori cukup. Pada siklus II ketuntasan klasikal semakin meningkat menjadi 88,46% atau 23 siswa mencapai nilai KKM dengan nilai rata rata 77,12 dalam kategori cukup. Pada hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I ke II dari 2,48 menjadi 3,05 dengan kategori baik. dengan meningkatnya rata rata nilai tes dari setiap siklus dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran dengan model Circuit Learning dapat disimpulkan berlangsung dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII-1 SMP Swasta Siempat Teran Naman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

NCTM. (1989). Curriculum And Evaluation Standards For School Mathematic. Reston VA: Authur.
Nugroho, A. A., Sutopo, & Pramesti, G. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 2(2), 146.
Paranna, M., & Airlanda, G. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran circuit learning berbantu multimedia dan media sederhana terhadap kreativitas siswa. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 57-63.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Purwaningrum, J. P. (2016). Kemampuan koneksi matematis siswa SD melalui circuit learning. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 125-137.
Sihaloho, R., Gaol, R. L., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1132-1143.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan Indonesia dan Kesiapannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Jurnal Cendekia, 13(2), 293-307

Downloads

Published

2024-11-27

How to Cite

Ginting, I. H. B. G., & Purba, G. I. D. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING DI SMP SWASTA SIEMPAT TERAN NAMAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 114–127. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4854