UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING DI SMP SWASTA SIEMPAT TERAN NAMAN
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4854
Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Circuit Learning, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siwa melalui model Circuit Learning di kelas VIII SMP Swasta Siempat Teran Naman. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, untuk setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 di SMP Swasta Siempat Teran Naman dengan 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes kemampuan komunikasi matematis dan obsevasi guru. Diperoleh hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkannya model Circuit Learning. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dapat diketahui dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada tes kemampuan awal 2 siswa (7,69%) yang mencapai nilai KKM dengan rata rata tes kemampuan komunikasi 42,69 dalam kategori rendah. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 61,53% atau 16 siswa mencapai nilai KKM dengan nilai rata rata sebesar 75,96 dalam kategori cukup. Pada siklus II ketuntasan klasikal semakin meningkat menjadi 88,46% atau 23 siswa mencapai nilai KKM dengan nilai rata rata 77,12 dalam kategori cukup. Pada hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I ke II dari 2,48 menjadi 3,05 dengan kategori baik. dengan meningkatnya rata rata nilai tes dari setiap siklus dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran dengan model Circuit Learning dapat disimpulkan berlangsung dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII-1 SMP Swasta Siempat Teran Naman.
Downloads
References
Nugroho, A. A., Sutopo, & Pramesti, G. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 2(2), 146.
Paranna, M., & Airlanda, G. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran circuit learning berbantu multimedia dan media sederhana terhadap kreativitas siswa. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 57-63.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Purwaningrum, J. P. (2016). Kemampuan koneksi matematis siswa SD melalui circuit learning. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 125-137.
Sihaloho, R., Gaol, R. L., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1132-1143.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan Indonesia dan Kesiapannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Jurnal Cendekia, 13(2), 293-307
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.