ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN ASPEK GENDER PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA TINGKAT DUA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4853

Authors

  • Anis Sapitri Universitas Siliwangi
  • Hetty Patmawati Universitas Siliwangi
  • Sinta Verawati Dewi Universitas Siliwangi

Keywords:

Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis, Feminin, Maskulin

Abstract

Penelitian ini menganalisis kemampuan penalaran deduktif matematis berdasarkan gender di salah satu sekolah di Tasikmalaya. Kemampuan penalaran deduktif matematis di Indonesia belum maksimal, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah karakteristik gender yaitu maskulin dan feminin. Melalui pendekatan kualitatif eksploratif, instrumen yang digunakan yaitu kuesioner PAQ untuk mengukur karakteristik maskulin dan feminin  serta soal tes kemampuan penalaran deduktif matematis pada materi barisan aritmetika tingkat dua. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI di salah satu SMA di Tasikmalaya. Hasilnya menunjukkan variasi dalam kemampuan penalaran deduktif matematis antara peserta didik berdasarkan gender, dengan siswa perempuan feminin menunjukkan performa yang lebih baik.  yang mana peserta didik laki-laki maskulin dan perempuan maskulin  hanya bisa memenuhi dua indikator kemampuan penalaran deduktif yaitu menyusun pembuktian langsung dan menarik kesimpulan logis,  kemudian peserta didik laki-laki feminin hanya bisa memenuhi dua indikator kemampuan penalaran deduktif yaitu menyusun pembuktian langsung dan menarik kesimpulan logis. Sedangkan perempuan feminin dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan penalaran deduktif matematis. Temuan ini memberikan pemahaman baru tentang kemampuan penalaran deduktif matematis siswa dan mengatasi stereotip bahwa perempuan kurang mampu dalam matematika. Identifikasi perbedaan karakteristik gender dalam pembelajaran matematika penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifin, R., Jurusan Pendidikan Matematika, A., & Jurusan Pendidikan Matematika, D. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 5 Kendari Ditinjau Dari Perspektif Gender. In Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika (Vol. 6, Issue 1).
Benbow, C. P., Lubinski, D., Shea, D. L., & Eftekhari-Sanjani, H. (2000). Sex Differences In Mathematical Reasoning Ability at Age 13 : Their Status 20 Years Later.
Cahya Sari, D. (2015). Karakteristik Soal TIMSS.
Dzarian, W. O., Salam, M., & Anggo, M. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gender (Analysis of Students’ Mathematical Communication Ability in terms of Gender).
Fadillah, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.752
Jeannotte, D., & Kieran, C. (2017). A conceptual model of mathematical reasoning for school mathematics. Educational Studies in Mathematics, 96(1), 1–16. https://doi.org/10.1007/s10649-017-9761-8
OECD. (2019). PISA 2018 Results. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.
Quintasari, D., Matematika, P., Fmipa, U., Negeri, S., & Sulaiman, R. (n.d.). Profil Penalaran Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. 2021.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN DAN DERET. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Saraswati, E., Hartiningrum, N., Maarif, S., Triani, E., & Pgri, S. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS X SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 9(2), 67–81.
Schneidhofer, T. M. ; S. M. M. W. (2010). Mind the (gender) gap: Gender, gender role types, and their effects on objective career success over time. https://doi.org/10.1688/1861-9908_mrev_2010_04_Schneidhofer
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif . Alfabeta .
Sukriadi, S., & Kurniawan, K. (2019). Profil Penalaran Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Timss Ditinjau Dari Perbedaan Gender. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 36. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.710
Triani, E. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Matemtaika Ditinjau Dari Perbedaan Gender.

Downloads

Published

2024-11-27

How to Cite

Sapitri, A., Patmawati, H. ., & Dewi, S. V. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN ASPEK GENDER PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA TINGKAT DUA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 103–113. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4853