ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM ( AKM ) NUMERASI BERDASARKAN TEORI KASTOLAN PADA MATERI ALJABAR DI SMP NEGERI 7 PANGKALAN KURAS

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4027

Authors

  • Herika Rahmawati Universitas Riau
  • Elfis Suanto Universitas Riau
  • Putri Yuanita Universitas Riau

Keywords:

Analisis kesalahan, teori kastolan, asesmen kompetensi minimum, numerasi

Abstract

Dalam rangka menyiapkan peserta didik yang memiliki kecakapan abad ke-21, pemerintah  melakukan asesmen kemampuan minimum ( AKM ). Asesmen kemampuan minimum ini  menjadi pengganti Ujian Nasional dimulai pada tahun 2021, yang mengutamakan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Data menunjukkan bahwa pada jenjang smp , 45% peserta didik belum mencapai batas kompetensi minimum untuk kemampuan numerasi. Kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal Numerasi adalah satu penyebab rendahnya nilai kompetensi minimum numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa berdasarkan teori Kastolan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal aljabar tipe AKM. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII SMPN 7 Pangkalan Kuras. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan melakukan tes, kemudian hasil tes dijabarkan secara deskriptif. Hasil yang diperoleh berdasarkan lembar jawaban peserta didik adalah (1) kesalahan konseptual sebesar 42,0% kategori berat, (2) kesalahan prosedural sebesar 31,9% kategori cukup berat, dan (3) kesalahan teknis sebesar 31,9% kategori cukup berat. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran mengenai berbagai kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tipe AKM numerasi khususnya domain aljabar, sehingga dapat menentukan tindak lanjut agar kemampuan numerasi peserta didik menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sonia, A., Elfis, S., Kartini., & Maimunah. (2023, Juni). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tipe AKM Numerasi pada domain geometri. Jurnal Pendidikan & Matematika ( Axiom ), 12(1). 34-45 http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i1.15549

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Rahmawati, H., Suanto, E. ., & Yuanita, P. . (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM ( AKM ) NUMERASI BERDASARKAN TEORI KASTOLAN PADA MATERI ALJABAR DI SMP NEGERI 7 PANGKALAN KURAS. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 148–162. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4027