SNF, Media Pembelajaran Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Klinik Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3898
Keywords:
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Website, Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Teknologi di Era Revolusi 4.0 sekarang berkembang dengan pesat sehingga mau tidak mau semuanya harus beralih pada teknologi. Bukan hanya seorang guru yang harus menguasai mengenai teknologi. Namun, peserta didik juga harus memahami mengenai pengunaan teknologi karena ternyata dengan pasca pandemi ini guru dan peserta didik di tuntut agar lebih melek terhadap perubahan zaman yang semakin hari semakin canggih. Kemampuan pemecahan masalah matematis seorang peserta didik yang rendah memicu seorang guru agar lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran pada peserta didik agar ketika peserta didik mendengarkan atau berusaha menyerap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru tidak membosankan dan merasa jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang valid, praktis dan efektif. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu 1) Analisis 2) Desain 3) Pengembangan 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji ahli materi dan media, respon siswa dan pendidik serta pre-test dan post test untuk uji kemampuan pemecahan masalah matematis. Uji kelayakan website klinik matematika dilakukan oleh 4 orang ahli diantaranya 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi yang memberikan penilaian persentase 70% dan 76% dengan kategori valid atau layak. Pendidik memberikan respon dan mendapatkan persentase 77% dengan kategori layak. Setelah diujicoabakan, siswa/i memberikan respon yang didapatkan dari kuisioner dan mendapatkan hasil persentase 83% dengan kategori sangat praktis. Hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,56 masuk dalam kategori sedang dan dapat dikatakan website klinik matematika efektif digunakan.
Downloads
References
Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Ambarwati, M. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Web Game untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(2).
Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. 7, 120–129.
BatuBara, Y. A., Zetriuslita, Z., Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). Analisis minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran e-comic aritmatika sosial masa pandemi Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1-10.
Cahyadewi, N., & Sudiana, R. (2023). Happy Math War: Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Koneksi Matematis. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 114-126.
Chaniago, A. F. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari adversity quotient pada model pembelajaran PBL berbantuan Edmodo. UNNES, 17-18.
Desmita, D. (2011). Psikologi perkembangan peserta didik: panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP dan SMA. PT Remaja Rosdakarya.
Dwi, A. (2023, 08 19). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Diambil kembali dari Media Pembelajaran dan Jenis-jenisnya:
Fahyuni, E. F., & Istikomah. (2016). PSIKOLOGI BELAJAR & MENGAJAR Kunci Sukses Guru dan Peserta Didik dalam Interaksi Edukatif (M. Aliyapi, Ed.). Nizzamia Learninng Center
Fauziyah, R. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Prosedur Polya. 8(2), 253–264.
Ficky ZA, M. R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN UMATH
(UNO MATHEMATICS) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SEBAGAI LEARNING EXERCISE BAGI SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH JAUHARUL ISLAM. In UIN Sutha Jambi Indonesia, T. R. (2022, 06 18). CNBC Indonesia. Diambil kembali dari Pengertian Website menurut para ahli: Jahja, Y. (2013). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN (3rd ed.). PRENADAMEDIA GROUP.
Kristanto, A. (2016). Aplikasi teknologi pendidikan di sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4, 13–16.
Kusumawati, L. D., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31-51.
Lestari, K. E. Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: PT Refika Aditama
MADHANI, L. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Media Google Sites Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas 6 Di Sd Negeri Ngringin, Moyudan, Yogyakarta.
Margaretha Vonita Ciung, I., & Taufiq, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Site pada materi deret aritmatika. Jurnal Pendidikan Matematika, 41-49.
Murtadlo, M., & Farisi, M. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jambura Journal of Educational Management, 108-122.
Nahar, N. irwan. (2016). PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1, 64–74.
Najiah, N. A. (2021). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Spin Matematika Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP. Holistic Science, 1(2), 96–102.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (P. Rais (ed.)). UMSIDA Press.
Oliver, K. M. (2000). Methods for Developing Constructivist Learning on the Web. JSTOR, 40(6), 5–18. Methods for Developing Constructivist Learning on the Web.
Raharjo, S. (2019). Cara Menghitung N-Gain Score Kelas Eksperimen dan Kontrol dengan SPSS.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rikani, R., Istiqomah, I., & Taufiq, I. (2021, August). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi sistem persamaan lnier tiga variabel (SPLTV). In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 6, pp. 54-61).
Rusydiah, F. E. (2020). Media Pembelajaran (Problem Based Learning) (1st ed.). UIN SUNAN AMPEL PRESS.
Setiono, A. (2019). PENGARUH PERGAULAN TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH TINGGARJAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Repository IAIN Purwokerto.
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16.
Solichin, M. M. (2018). Teori Belajar Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam: Telaah Materi Dan Metode Pembelajaran. ISLAMUNA: Jurnal Studi Islam, 5(1), 1–12.
Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta (K. D. R & D. (eds.)). Alfabeta.
Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.
Sugrah, N. (2019). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME
DALAM PEMBELAJARAN SAINS. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.
Susanti, E. (2022, Maret 20). Google Sites: Pengertian, Kegunaan, Tutorial, dan Contohnya.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di smp 1 bukit sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43-48.
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. 1(November), 137–144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.