DEVELOPMENT OF WORDWALL WEB EDUCATIONAL GAMES MEDIA WITH BRAIN BASED LEARNING MODEL IN MATHEMATICS CLASS IV PRIMARY SCHOOL
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3893
Keywords:
ADDIE, Permainan edukasi, web wordwall, Model Brain Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran permainan edukasi berbasis web Wordwall dengan model Brain Based Learning untuk membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar ataupun pada saat melakukan evaluasi pembelajaran pada muatan pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah (research and development) atau metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Jenis data yang dipakai yaitu kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, praktikalitas, dan efektifitas. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis produk yang dikembangkan yang menggunakan analisis validitas media, praktikalitas dan efektifitas media. Berdasarkan pengembangan yang telah dilakukan maka didapatlah hasil Validasi media permainan edukasi berbasis web Wordwall validasi ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dengan persentase 92% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas yang dinilai dari angket respon guru dan angket respon siswa kelas IV terhadap media permainan edukasi berbasis web Wordwall sebagai media pembelajaran matematika memperoleh persentase 87% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas yang dinilai dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 08 Pulau Punjung yang tuntas memperoleh persentase 86% dengan kategori sangat efektif.
Downloads
References
Aziza, F. N., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa Study From Home Selama Pandemi Covid 19. Konferensi Nasional Pendidikan, 112–114.
Basa, Z. A. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. 3(3), 943–950.
Belajar, M., Literatur, K., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur.
Fidya, I., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. 219–227.
Hidayah, S. N., & Prasetyo, T. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi Tematik Berbasis Web Wordwall Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. 5, 5–8.
Huda, N., & Madiana, N. (2020). Strategi Pembelajaran bagi Guru di Lembaga Pendidikan Islam Anak Sholeh Pepelegi , Sidoarjo. 3(2), 111–121.
Ilahi, K. A., Sudiana, R., & Nindiasari, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dari analisis pendahuluan ini menjadikan pembelajaran menjadi. 3(4), 304–312.
Immawan, Z. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif ( APE ) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. 10(1), 58–69.
Implementasinya, D. A. N., & Teknik, D. (n.d.). Desain pembelajaran model addie dan implementasinya dengan teknik jigsaw. 87–102.
Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh : Tinjauan Pustaka. 9(3), 192–205.
Manusia, P., Nur, A., Surahmawan, I., Arumawati, D. Y., & Palupi, L. R. (2021). Proceeding of Integrative Science Education Seminar Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem. 1, 95–105.
Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation. “ Independent Learning” In The Era
Of Society 5 . 0 Email : miramarisa97@gmail.com. 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Didik, P., Mata, P., & Pai, P. (n.d.). A s - S A B I Q U N. 4(November 2022), 1481–1498.
Pendidikan, J. K. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan The Role Of Instructional Media To Improving. 2(2).
Pendidikan, J., & Sains, M. (2020). EduMatSains. 1(1), 35–49.
Pengumpulan, T., & Kualitatif, D. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif 1. 1998, 1–11.
Peranan, A., Visual, M., Fiqh, P., Madrasah, D. I., Palang-tuban, U. A., Malang, U. I., Islam, F. A., Studi, P., & Agama, P. (2021). Analisis peranan media visual dalam pembelajaran fiqh di madrasah aliyah unggulan al-mustofawiyah palang-tuban.
Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada MateriI Gerak. 2(2), 113–120.
Stanton, R. (2007). Teori fiksi Robert Stanton. 185.
Tasril, V., & Putri, R. E. (2014). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Biologi Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia Berbasis Macromedia Flash. x.
Yuniar, R., Senjaya, A. J., & Gunadi, F. (2021). Perspektif Pembelajaran Matematika Menggunakan Sistem Daring di MI PUI Kemped Wirakanan Selama Pandemi Covid-19. 4(1).
Yusuf, R. (2014). Karakteristik dan Potensi Pemanfaatan Lahan Gambut Terdegradasi di Provinsi Riau. 59–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.