DESKRIPSI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP/MTS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER

  • RIO FABRIKA PASANDARAN RIO UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
Keywords: Kemampuan Represesntasi Matematis; Visualizer

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh tiap siswa dalam menelaah, mengungkapkan, dan menggali sebuah ide-ide matematika baik berupa permasalahan, informasi, definisi, dan lain-lain untuk menemukan sebuah solusi yang tepat sesuai hasil representasinya, baik berupa gambar, kata-kata, tabel, simbol, grafik, maupun pola dalam matematika. Alasan terbesar yang menjadi penghambat ide-ide cemerlang siswa muncul yakni lemahnya kemampuan representasi matematis siswa sehingga menghambat siswa dalam menentukan penyelesaian permasalahan matematika bahkan kurang cermat dalam membaca soal cerita, lemah dalam analisis masalah, kurang teliti, dan kesulitan menghubungkan antar konsep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu MTs yang berada di kecamatan Angkona yang berjumlah dua siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah Visualizer Verbalizer Questionnaire (VVQ). Soal tes kemampuan represesentasi matematis dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi siswa dengan gaya visualizer dan verbalizer cukup baik ada beberapa hal yang menarik dari kedua subjek penelitian tersebut yakni subjek Visualizer (SVi) dalam menyeleseikan sebuah permasalahan mengedepankan aspek visual dalam menelaah tiap pertanyaan dan informasi yang dituangkan ke dalam bentuk lebih sederhana dalam merepresentasikan sebuah gambar dan ilustrasi bangun datar.

Kata Kunci: Kemampuan Represesntasi Matematis; Visualizer

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bestiyana, R. A. (2018). Profil berpikir kritis siswa smp dalam menyelesaikan soal higher order thinking matematik ditinjau dari gaya kognitif visualizer–verbalizer. MATHEdunesa, 7(1).
Cahdriyana, R. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Representasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP N 9 Yogyakarta dalam Membangun Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(6), 632– 642.
Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis representasi matematik siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematika kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 128-138.
Fatri, F. F., Maison, M., & Syaiful, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 98-111.
Kemendikbud, (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum SMP
Ma’rufi, M. R., Fabrika Pasandaran, R., & Yogi, A. (2018). Pemahaman konsep geometri mahasiswa berdasarkan gaya kognitif mahasiswa. Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa, 1(2), 56-67.

Mendelson, A. L. (2004). For whom is a picture worth a thousand words? Effects of the visualizing cognitive style and attention on processing of news photos. Journal of visual literacy, 24(1), 1-22.
Rangkuti, A. N. (2013). Representasi matematis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(02).
Surahmi, E. (2016). Representasi siswa SMA dalam memahami konsep fungsi kuadrat ditinjau dari gaya kognitif (visualizer–verbalizer). Sigma, 1(2), 57-63.
Surya, E., & Istiawati, S. N. (2016). Mathematical Representation Ability in Private Class XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik. Jurnal Saung Guru, 3.
Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2014). Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah terbuka
Published
04-06-2024
How to Cite
RIO, R. F. P. (2024). DESKRIPSI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP/MTS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 303-318. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3811