DESKRIPSI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP/MTS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER
Abstract
Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh tiap siswa dalam menelaah, mengungkapkan, dan menggali sebuah ide-ide matematika baik berupa permasalahan, informasi, definisi, dan lain-lain untuk menemukan sebuah solusi yang tepat sesuai hasil representasinya, baik berupa gambar, kata-kata, tabel, simbol, grafik, maupun pola dalam matematika. Alasan terbesar yang menjadi penghambat ide-ide cemerlang siswa muncul yakni lemahnya kemampuan representasi matematis siswa sehingga menghambat siswa dalam menentukan penyelesaian permasalahan matematika bahkan kurang cermat dalam membaca soal cerita, lemah dalam analisis masalah, kurang teliti, dan kesulitan menghubungkan antar konsep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu MTs yang berada di kecamatan Angkona yang berjumlah dua siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah Visualizer Verbalizer Questionnaire (VVQ). Soal tes kemampuan represesentasi matematis dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi siswa dengan gaya visualizer dan verbalizer cukup baik ada beberapa hal yang menarik dari kedua subjek penelitian tersebut yakni subjek Visualizer (SVi) dalam menyeleseikan sebuah permasalahan mengedepankan aspek visual dalam menelaah tiap pertanyaan dan informasi yang dituangkan ke dalam bentuk lebih sederhana dalam merepresentasikan sebuah gambar dan ilustrasi bangun datar.
Kata Kunci: Kemampuan Represesntasi Matematis; Visualizer
Downloads
References
Cahdriyana, R. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Representasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP N 9 Yogyakarta dalam Membangun Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(6), 632– 642.
Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis representasi matematik siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematika kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 128-138.
Fatri, F. F., Maison, M., & Syaiful, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 98-111.
Kemendikbud, (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum SMP
Ma’rufi, M. R., Fabrika Pasandaran, R., & Yogi, A. (2018). Pemahaman konsep geometri mahasiswa berdasarkan gaya kognitif mahasiswa. Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa, 1(2), 56-67.
Mendelson, A. L. (2004). For whom is a picture worth a thousand words? Effects of the visualizing cognitive style and attention on processing of news photos. Journal of visual literacy, 24(1), 1-22.
Rangkuti, A. N. (2013). Representasi matematis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(02).
Surahmi, E. (2016). Representasi siswa SMA dalam memahami konsep fungsi kuadrat ditinjau dari gaya kognitif (visualizer–verbalizer). Sigma, 1(2), 57-63.
Surya, E., & Istiawati, S. N. (2016). Mathematical Representation Ability in Private Class XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik. Jurnal Saung Guru, 3.
Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2014). Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah terbuka
Copyright (c) 2024 RIO FABRIKA PASANDARAN RIO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.