ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS X SMA

  • Shopia Burju Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Pardomuan Sitompul Universitas Negeri Medan
Keywords: Analisis Kesalahan, Masalah Matematika, Prosedur Newman`

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah matematika berbentuk cerita materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur Newman dan untuk mengetahui hubungan tipe kesalahan dengan hasil tipe siswa tiap kategorinya, serta faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur Newman. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 subjek yang terdiri dari 2 kelompok atas, 2 kelompok sedang, dan 2 kelompok rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek mengalami kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai jenis kesalahan yakni kesalahan memahami masalah sebanyak 78 kali dengan persentase 38,24%, kesalahan transformasi masalahan sebanyak 17 kali dengan persentase 8,33%, kesalahan keterampilan proses sebanyak 56 kali dengan 27,45%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 53 kali dengan 25,98%. (2) terdapat hubungan antara tipe kesalahan dengan hasil tipe siswa pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. (3) beberapa faktor penyebab terjadinya kesalahan yaitu motivasi belajar, model pengajaran guru, kepercayaan diri, waktu yang dihabiskan dalam mengerjakan soal, dan lingkungan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kairuddin. (2018). Analisis Proses Jawaban Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah pada Kelas Pembelajaran Kontekstual dan Kelas Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa SMP N 1 Salapian. INSPIRATIF: Jurnal Pendidikan Matematika. e-ISSN: 2528-0475; p-ISSN: 2442-8876, 4(1): 101-111.
Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2).
Molle, Juliana. (2000). Analisis Kesalahan Jawaban SiswaKelas V SDN Latihan SPG Ambon dalam Menyelesaikan Topik Geometri. Ambon: Skripsi diterbitkan.
Prakitipong, N dan Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, Vol.9(1) pp.111-122.
Yus, S. R., Syafari., dan Minarni, A. (2019). Analysis of Students Failure in Mathematical Problem Solving Based on Newman Procedure at Middle Secondary School 3 Aceh Tamiang District. American Journal of Educational Research. Vol.7(11):888-892.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung
Mulyani, M., dan Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe High Order Thinking Skill Ditinjau dari Gender. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, Vol.12(1): 1-16.
Published
28-05-2024
How to Cite
Burju Situmorang, S., & Sitompul, P. (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS X SMA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 199-210. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3785