ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM BILANGAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3779

Authors

  • Ai Susanti Universitas Sebelas April Sumedang
  • Mimih Aminah Universitas Sebelas April Sumedang

Keywords:

Kemampuan Literasi Numerasi , Kesulitan Belajar, Bilangan.

Abstract

Sulitnya siswa dalam menghadapi soal perhitungan menunjukan perlunya melatih keemampuan berhitung siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan komputasi dalam menyelesaikan masalah bilangan dan menjelaskan kesulitan siswa dalam mempelajari keterampilan komputasi. Penelitia in menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari 24 siswa kelas IV SD Negeri Cibeureum III. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes, observasi serta wawancara. Hasil tes dikelompokkan menjadi empat level kompetensi, yaitu: level perlu intervensi khusus, level memiliki pemahaman dasar, level termasuk cakap, dan level sudah mahir. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi numerasi: (1) Siswa kelas IV SD Negeri Cibeureum III memiliki level kompetensi perlu intervensi khusus sebanyak 45,8 %, siswa dengan level kompetensi memiliki pemahaman dasar sebanyak 33,3 %, dan siswa dengan level kompetensi termasuk cakap sebanyak 20,8 %. Sementara itu, tidak ada siswa yang berada pada level komptensi sudah mahir. (2) Kesulitan belajar matematika ditinjau dari kemampuan literasi numerasi pada siswa menunjukkan perbedaan pada masing-masing level kompetensi. Semakin tinggi level kompetensi literasi numerasinya, maka semakin kecil kesulitan belajar matematika yang dialami siswa. Dengan mengetahui level kompetensi individu siswa dan level kompetensi kelas secara keseluruhan, guru dapat merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. USA: Kluwer Academic Publishers.
Darwis, et al. Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Materi Volume Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SDN Pebatae Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Murowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online. ISSN 2354-614X. Vol. 1, (1), 228-237.
Feriana, O. & Putri, R. I. I. (2016) Desain Pembelajaran Volume Kubs dan Balok Menggunakan Filling dan Packing di Kelas V. Jurnal Kependidikan. Vol. 46, (2), 149-163.
Indasari, M. & Ratna, M. (2019). Analisis Learning Obstacles Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal geometri Maateri Volume Kubus dan Balok. Wahana Didaktika. Vol. 17, (3), 266-273.
Nur’aeni, E. L. & Muharram, M. R. W. (2016). Desain Didaktis Kemampuan pemahaman Matematis Materi Balok dan Kubus Siswa Kelas IV SD. Sekolah Dasar. Vol. 25, (2), 139-146.
Panjaitan, M. A. & Herman, T. (2022) Analisis Karakteristik Hambatan Belajar Siswa Kelas VI SD Pada Materi Kubus dan Balok. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika | p-ISSN 2303-3983 Vol. 10. (2), 392-406.https://dx.doi.org/10.31941/delta.v10i2.1677
Puspitasari, M. et al. (2021) Desain Didaktis Konsep Bangun Ruang Materi Kubus Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Mathematics Science and Education | p-ISSN 2623-2375 Vol. 4, (1), 1-16. https://doi.org/10.31540/imse.v4i1.1402
Rahmawati, et al. (2021). Desain Didaktis Materi Volume Kubus dan Balok Berbasis Teori Van Hiele Untuk Mengatasi Learning Obstacle Siswa. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. | Vol. 8, (3), 780-791. https:// doi.org/ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.
Safitri, G & Dasari, D. (2022). Hambatan Belajar Siswa Pada Konsep Volume Kubus dan Balok. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika | p-ISSN 2442-3041 Vol. 8, (2), 112-122. https://doi.org/10.33654/math.v8i2.1844.
Setiadi, D. R. (2017). Didactical Design Enrichment of Angle In Geometry. Journal of Physics: Conference Series. DOI: 10.1088/1742-6596/895/1/01206.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Edisi ke-3 Cetakan ke-2). Bandung: Alfabeta.
Utami, Y. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Proyektor LCD Menggunakan Program Powerpoint Tehadap Hasil Belajar Siswa dalam Menetukan Volume Kubus dan Balok Pada Bangun Ruang. Jurnal Mantik Penusa | p-ISSN 2088-3943 Vol. 1, (1), 52-58.
Wijaya, A. P. et al. (2019). The Analyzing of Students’ Learning Obstacles in Undesrstanding Proportion. Journal of Physics: Conference Series. DOI: 10.1088/1742-6596/1280/4/042022
Zulfikar, et al. (2018). Desain Didaktis Volume Kubus dan Balok Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5, (1), 62-73. DOI: doi.org/ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Susanti, A., & Aminah, M. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM BILANGAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 268–281. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3779