PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 8 PERCUT SEI TUAN

  • Alfin Nursyaadah Universitas Negeri Medan
  • Waminton Rajagukguk Universitas Negeri Medan
Keywords: Model pembelajaran generatif, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar kubus, balok, prisma dan limas

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah menggambarkan pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN 8 Percut Sei Tuan. Peneliti memakai metodologi kuantitatif dan desain eksperimental. Populasi yang dipakai ialah seluruh peserta didik kelas VIII yang ada di SMPN 8 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 165 peserta didik. Studi ini mengambil sampel sebanyak 2 kelas dari 5 jumlah keseluruhan kelas yaitu kelas VIII-1 sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan memakai teknik simple random sampling. Data yang telah didapat akan dipakai untuk menguji hipotesis studi dengan memakai uji-t. Dari hasil analisis yang telah dilaksanakan peneliti didapat,  dan dengan  didapat  yang berarti  yaitu . Dari hasil yang telah didapatkan menampilkan bahwa H1 diterima dan H0 di tolak yang artinya adanya dampak positif pada penggunaan model pembelajaran generatif pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2016. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Kairuddin, Wafiq, A. 2023. Peningkatan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Journal on Education, 6(1):5644-5654
Maulyda, M.A. 2020. Paradigma Pembelajaran Matematika berbasis NCTM. Malang: CV IRDH
Mawaddah, S & Annisa, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Generatif. Edu MAT. 3(2):166-175
Depdiknas. 2016. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Siregar, S. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers
Suherman, E. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer. Yogyakarta: Bumi Aksara
Published
28-05-2024
How to Cite
Nursyaadah, A., & Rajagukguk, W. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 8 PERCUT SEI TUAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-129. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3772