PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

  • Roy Nanda Damanik Universitas Negeri Medan
  • Hamidah Nasution Universitas Negeri Medan
Keywords: Penelitian, Penerapan, Pemahaman, Pembelajaran, Geogebra

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Geogebra. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan menggunakan geogebra sebagai bantuan dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII berjumlah 29 orang. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dalam pembelajaran dan 1 pertemuan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa dan mengukur respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep meningkat setelah dilaksanakannya pembelajaran model think pair share (TPS) berbantuan geogebra. Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang dapat diamati dari data rata-rata peserta didik sebelum diberikan tindakan, yaitu sebesar 29,3 yang dikategorikan sebagai sangat rendah, dengan ketuntasan klasikal mencapai 0%. Namun, setelah diberikan tindakan pertama, rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat menjadi 75,12 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 72,41%. Pada tindakan kedua, terjadi peningkatan lebih lanjut hingga mencapai rata-rata 88,42 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86,20%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Geogebra mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pantai Labu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesnayanti K. D., dkk. (2012). Penerapan Model Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP. Vol. 1 (No. 1).
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1 (No. 2) : 30 – 42.
Hia, Yasifati dan Sri Wahyuni. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspiratif. Vol. 8 (No. 1).
Hutagalung, Ruminda. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guded Discovery Berbasis Budaya Toba SMP Negeri Itukka. Journal of Mathematics Education and Science. Vol. 2 (No. 2) : 70 – 77.
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 2 (No. 4) : 777 – 785.
Mawaddah, S., Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 (No. 1) : 76 – 85.
Nadiatul Maulidar. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika. UIN Ar-Raniry.
Wulandari, Kartika. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII2 SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru
Published
28-05-2024
How to Cite
Nanda Damanik, R., & Nasution, H. (2024). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 243-257. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3771