PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Geogebra. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan menggunakan geogebra sebagai bantuan dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII berjumlah 29 orang. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dalam pembelajaran dan 1 pertemuan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa dan mengukur respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep meningkat setelah dilaksanakannya pembelajaran model think pair share (TPS) berbantuan geogebra. Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang dapat diamati dari data rata-rata peserta didik sebelum diberikan tindakan, yaitu sebesar 29,3 yang dikategorikan sebagai sangat rendah, dengan ketuntasan klasikal mencapai 0%. Namun, setelah diberikan tindakan pertama, rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat menjadi 75,12 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 72,41%. Pada tindakan kedua, terjadi peningkatan lebih lanjut hingga mencapai rata-rata 88,42 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86,20%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Geogebra mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pantai Labu.
Downloads
References
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1 (No. 2) : 30 – 42.
Hia, Yasifati dan Sri Wahyuni. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspiratif. Vol. 8 (No. 1).
Hutagalung, Ruminda. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guded Discovery Berbasis Budaya Toba SMP Negeri Itukka. Journal of Mathematics Education and Science. Vol. 2 (No. 2) : 70 – 77.
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 2 (No. 4) : 777 – 785.
Mawaddah, S., Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 (No. 1) : 76 – 85.
Nadiatul Maulidar. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika. UIN Ar-Raniry.
Wulandari, Kartika. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII2 SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru
Copyright (c) 2024 Roy Nanda Damanik, Hamidah Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.