PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DENGAN MENGGUNAKAN ANDROID UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3770
Keywords:
Pengembangan, soal, HOTSAbstract
Pada skripsi ini membahas tentang penelitian pengembangan soal berbasis higher order thinking skill (HOTS) dengan menggunakan android untuk mengukur memampuan berpikir kritis matematis siswa pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan T.A.2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan instrumen tes HOTS dan menghasilkan tes HOTS berbentuk uraian. Sehingga dapat di gunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model tsemmer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan lembar validasi serta angket respons. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahap prototype dan field tes dihasilkan instrumen tes yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan yaitu valid dan praktis. Instrumen tes dinyatakan valid dengan melihat nilai Va yang dihasilkan adalah 4,3 dengan kategori valid dan kepraktisannya dapat dilihat melalui respons siswa yang mencapai 87,5% dengan kriteria sangat praktis, sehingga menghasilkan instrumen tes yang baik dengan jumlah butir tes soal uraian sebanyak 7 butir soal yang selanjutnya soal itu diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai rata-rata adalah 67,2% yang berarti kemampuan berpikir kritis siswa di Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan telah berada pada kategori baik.
Downloads
References
Depdiknas. (2016). Permendikbud No.21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Junaidi. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Dengan Menggunakan Graded Response Models Di Sma Negeri 1 Sakti. Jurnal Numeracy, 4 (1), 14-25
Marada, R., Nusantari, E., & Dama, L. (2021). Pengembangan Instrumen Berbasis Higher Order Thinking Skiil (Hots) Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Normalita. 9 (2), 188-194
Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Pesantren Immim Putri Minasatene. Jurnal “Mosharafa”, 6 (1), 117-128
Ryan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Jurnal Diksi, 29 (2), 205-216
Sari, D. R. U., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Multiple Choice High Order Thinking Padapembelajaran Fisika Berbasis E-Learning Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 100-107.
Siregar, T. M., Dkk. (2023). Laboratorium Sebagai Sarana Pendidikan Steam Untuk Mengembangkan Keterampilan Kritis Dan Kreatif Anak. JPKM, 29 (2) 323-327
Wahyuni, D. Q. & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 859-872.
Yorki, V.,& Saltifa, P., (2020). LKPD Matematika Berbasis Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMK-SMAK Padang Kelas X.Jurnal Equation, 3 (1) 76-88
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.