PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DENGAN MENGGUNAKAN ANDROID UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3770

Authors

  • Muhammad Fikri Sulaiman Solin Fikri Sulaiman Solin Universitas Negeri Medan
  • Tiur Malasari Siregar Malasari Siregar Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pengembangan, soal, HOTS

Abstract

Pada skripsi ini membahas tentang penelitian pengembangan soal berbasis  higher order thinking skill (HOTS) dengan menggunakan android untuk mengukur memampuan berpikir kritis matematis siswa pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan T.A.2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan instrumen tes HOTS dan menghasilkan tes HOTS berbentuk uraian. Sehingga dapat di gunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model tsemmer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan lembar validasi serta angket respons. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahap prototype dan field tes dihasilkan instrumen tes yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan yaitu valid dan praktis. Instrumen tes dinyatakan valid dengan melihat nilai Va yang dihasilkan adalah 4,3 dengan kategori valid dan kepraktisannya dapat dilihat melalui respons siswa yang mencapai 87,5% dengan kriteria sangat praktis, sehingga menghasilkan instrumen tes yang baik dengan jumlah butir tes soal uraian sebanyak 7 butir soal yang selanjutnya soal itu diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai rata-rata adalah 67,2% yang berarti kemampuan berpikir kritis siswa di Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan telah berada pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyana, Y., Dkk. (2018) Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Jakarta: Dirjen Gtk Kemendikbud
Depdiknas. (2016). Permendikbud No.21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Junaidi. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Dengan Menggunakan Graded Response Models Di Sma Negeri 1 Sakti. Jurnal Numeracy, 4 (1), 14-25
Marada, R., Nusantari, E., & Dama, L. (2021). Pengembangan Instrumen Berbasis Higher Order Thinking Skiil (Hots) Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Normalita. 9 (2), 188-194
Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Pesantren Immim Putri Minasatene. Jurnal “Mosharafa”, 6 (1), 117-128
Ryan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Jurnal Diksi, 29 (2), 205-216
Sari, D. R. U., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Multiple Choice High Order Thinking Padapembelajaran Fisika Berbasis E-Learning Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 100-107.
Siregar, T. M., Dkk. (2023). Laboratorium Sebagai Sarana Pendidikan Steam Untuk Mengembangkan Keterampilan Kritis Dan Kreatif Anak. JPKM, 29 (2) 323-327
Wahyuni, D. Q. & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 859-872.
Yorki, V.,& Saltifa, P., (2020). LKPD Matematika Berbasis Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMK-SMAK Padang Kelas X.Jurnal Equation, 3 (1) 76-88

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Fikri Sulaiman Solin, M. F. S. S., & Malasari Siregar, T. M. S. (2024). PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DENGAN MENGGUNAKAN ANDROID UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 227–242. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3770