PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAM-DAMAN UNTUK MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SMP KELAS VIII

  • Setyo Aji Rahmanto Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Dam-Daman, Teorema Pythagoras, Materi Matematika SMP

Abstract

Pengembangan ini bertujuan mengembangkan suatu rancangan produk media pembelajaran permainan Dam-Daman matematika pada materi Teorema Pythagoras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall yang terdiri dari delapan langkah. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP, model yang telah di evaluasi ahli, uji coba dan revisi serta divalidasi oleh para ahli media dan materi melalui angket yang terdiri dari berbagai macam pertanyaan. Efektifitas produk pengembangan media pembelajaran permainan Dam-Daman memilki hasil 90% uji materi dan 94,66% uji media. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran permainan Dam-Daman efektif digunakan untuk materi Teorema Pythagoras SMP kelas VIII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. JURNAL SATWIKA, 3(2). https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164
Jannah, M., & Julianto, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).
Khoerunnisa, N., Akil, & Abidin, J. (2022). Urgensi Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 5(14).
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian dan Pengembangan. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 2.
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2).
Presta, M. N., Rofian, & Siswanto, J. (2017). Pengaruh Media Darta (Dam-Daman Kartu Perintah) Terhadap Hasil Belajar Materi Sifat Bangun Datar. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(1).
Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). KUPAS TUNTAS PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL BORG & GALL. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1). https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28.
Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Ludo Game Implementation to Improve Student’s Motivation and Interest to Learn Mathematics for 3rd Grade in SDN 19 Nan Sabaris. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012012
Wibowo, S., Anggraini, S. P., Sunaryo, S., Sugevin, W., Nirwana, R. C., & Yuniawatika, Y. (2022). Program Mathematics Ethnic Learning untuk Meningkatan Minat Belajar Matematika Siswa SDN 1 Kauman. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2). https://doi.org/10.29407/ja.v6i2.16666
Published
28-05-2024
How to Cite
Aji Rahmanto, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAM-DAMAN UNTUK MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SMP KELAS VIII. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 145-154. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3768