PERBANDINGAN SELF-EFFICACY MATEMATIS ANTARA SISWA YANG BERMINAT TINGGI DAN RENDAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 53 responden dari berbagai jenis Sekolah Menengah Atas (SMA/MA/SMK), dengan 9 siswa laki-laki dan 44 siswa perempuan. Instrumen utama yang digunakan adalah angket yang difokuskan pada dua variabel utama, yakni self-efficacy matematis dan minat belajar matematika. Penelitian bertujuan untuk mengumpulkan data yang representatif dan relevan mengenai self-efficacy matematis dan minat belajar matematika di tingkat SMA. Setelah proses pengumpulan data, dilakukan analisis menggunakan regresi linier berganda untuk mengidentifikasi korelasi antara self-efficacy matematis dan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam self-efficacy matematis antara siswa dengan minat belajar matematika tinggi dan rendah. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya mempertimbangkan faktor-faktor seperti pengalaman awal, dukungan orang tua, dan strategi pembelajaran dalam merancang strategi efektif untuk meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di SMA. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pemahaman dan perbaikan proses pembelajaran matematika di tingkat SMA.
Downloads
References
Ahmad, D. (2013). STUDI LITERATUR: PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENGATASI KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENGEMBANGKAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA. Semantic Scholar.
Amiruddin, N. S. H., Ahmad, N., & Mamat, S. S. (2022). Exploring Students’ Self-Efficacy and Anxiety Towards Mathematics Problem Solving During Open and Distance Learning (ODL). Mathematical Sciences and Informatics Journal.
Casinillo, L. F. (2022). Modeling Students’ Self-Efficacy in Mathematics during the Covid-19 Pandemic. Canadian journal of family.
Dani Faozan, K. K. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis: Pengaruh Self-Efficacy Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Publikasi Intelektual Indonesia.
Deswita, R. (2020). Peningkatan Self Efficacy Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inti dengan Pendekatan Scientific. Sarjana Semantik.
Fitriani, W. (2017). Analisis self efficacy dan hasil belajar matematika siswa di MAN 2 Batusangkar berdasarkan gender. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama.
Frederick Kwasi Togah, Dora Kissi, Emmanuel Larbi Ayetey, S. N. A. and S. K. K. (2022). The Influence of Senior High School Mathematics Teachers’ Demographic Variables on their Self-Efficacy in Teaching. Integrated Journal for Research in Arts and Humanities.
Hussin, W. A. S. W., & Matore, M. E. M. M. (2023). Systematic Review: Factors Affecting Academic Procrastination in Mathematics among Students. International journal of academic research in business & social sciences.
Ika Yudha Kurniasari. (2023). Pemecahan Masalah Matematis Kontekstual Open-Ended Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa SMP. MATHEdunesa.
Indrawati, Fiqi Annisa, and W. W. (2019). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan literasi matematika dan pembentukan kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Luluk Wahyu Nengsih, Yethzy Lamo, Yerika Pauta, P. K. (2017). SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 11 DI SOTA PERBATASAN MERAUKE-PAPUA NUGINI.
Lutfiwati, S. (2020). Motivasi belajar dan prestasi akademik. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam.
Ningsih, Wahyu Fitra, and I. R. H. (2020). Dampak efikasi diri terhadap proses & hasil belajar matematika (the impact of self-efficacy on mathematics learning processes and outcomes). Journal on Teacher Education 1.2.
Nisrina, N. (2020). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA.
Nora Susilowaty. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self efisiensi. P2M (Jurnal Pendidikan d.
Oktariani, O. (2018). Peranan self efficacy dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Kognisi.
Pertiwi, C. A. (2014). PERBEDAAN SELF EFFICACY DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA SMA DAN SMK DI KOTA BATU JAWA TIMUR.
Pertiwi, M., & Suhendra, S. (2022). Mathematical Literacy Ability of Junior High School Students in Terms of Self-Efficacy. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education).
Pisani, F. (2023). An Investigation of Mathematics Self-Efficacy, the Sources of Mathematics Self-Efficacy, and Mathematics Achievement Among Primary School Students in Trinidad and Tobago. doi: 10.32597/dissertations/1774/.
Putri, A. R. (2018). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS METODE GUIDED INQUIRY DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA. Diss. UNIVERSITAS LAMPUNG.
Rohmat, Aziz Nur, and W. L. (2019). Pengaruh konsep diri dan percaya diri terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika).
Sari, Dewi Purnama, Yana Yana, and A. W. (2021). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara.
Shaleha, N., Djudin, T., & Hamdani, H. (2022). Hubungan minat, self efficacy, dan kemampuan dasar matematika peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika.
Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. Sigma.
Suciono, W. (2021). Berpikir kritis (tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri). Adab.
Ulpa, M. (2019). EFIKASI DIRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH. INSANIA Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.
Yesuf, Y. M., Kebede, S., Zewdu, A., & Gebru, D. M. (2023). Predictors of high school students’ mathematics self-efficacy in Addis Ababa: The importance of educational expectations. Frontiers in Psychology.
Yuliyani, Rahmawati, Shinta Dwi Handayani, S. S. (2017). Peran efikasi diri (self-efficacy) dan kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.
Z. Mz, R. M. (2019). Profil Kesulitan Belajar Matematika dan Self efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah di Riau. Suska Journal of Mathematics Education.
Zakariya, Y. F. (2022). Improving students’ mathematics self-efficacy: A systematic review of intervention studies. Frontiers in Psychology.
Copyright (c) 2024 Nur Al Fariana, Nur Hardiani, Habibi Ratu Perwira Negara, Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, Syaharuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.