ETNOMATEMATIKA PADA ORNAMEN MASJID AGUNG KOTA SUKABUMI

Keywords: etnomatematika, geometri, ornamen masjid, kualitatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil kajian etnomatematika pada ornamen Masjid Agung Kota Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan etnografi, yaitu memahami dan menggambarkan pola-pola perilaku, kepercayaan, dan bahasa yang dimiliki oleh kelompok budaya yang sedang diteliti. Subjek penelitian ini sebanyak 2 orang yang merupakan pengurus Masjid Agung Kota Sukabumi. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, catatan lapangan, observasi, dokumentasi, dan kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat aspek-aspek etnomatematika pada ornamen-ornamen Masjid Agung Kota Sukabumi yaitu pada kubah, mimbar, jendela, pintu, gagang pintu, tiang, lampu, menara, atap, dan taman. Di mana ornamen-ornamen tersebut dapat dikaitkan dengan beberapa materi geometri, seperti pada konsep bangun datar, bangun ruang, dan transformasi geometri. Oleh karena itu, guru dapat membuat bahan ajar dari hasil kajian etnomatematika tersebut tentang bangun datar, bangun ruang, dan transformasi geometri. Selain itu, perlu mengujicobakan bahan ajar tersebut di kelas pembelajaran matematika untuk mengetahui efektifitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eyus Sudihartinih, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Astuti, Nurhaliza, Nursyahfira, Sari, R. W., Ningrum, S., & Saputra, M. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Tradisi Manggelek Tobu di Kuok. Journal of Education Research, 4(1), 125–133.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (Fourth). SAGE Publications.
Edi, S. (2021). Eksplorasi Konten Transformasi Geometri Berbasis Etnomatematika Pakaian Adat Suku Dayak Kenyah. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2721).
Febriana, R., Kurniasih, A., Setiyaningsih, E., & Maharani, O. P. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Tugu Jogja. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–48.
Febrianti, I., & Rahmawati, I. (2020). Eksplorasi Geometri Pada Candi Bajang Ratu Sebagai Implementasi Etnomatematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 08(2), 442–452.
Indrayany, E. S., & Lestari, F. (2019). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri dan faktor penyebab kesulitan siswa ditinjau dari teori van hiele. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 109–123.
Iraratu, M. K., Urath, S., Srue, O., & Nifanngelyau, J. (2021). Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Desa Lorulun Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), 2119–2133.
Kholifatuzzuhro, A., Sunardi, & Monalisa, L. A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kerajinan Kayu Di Desa Tutul Kecamatan Balung Sebagai Bahan Ajar Geometri. Kadikma, 11(1), 75.
Kumala, F. Z. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi pembuatan tahu khas Kalisari Kabupaten Banyumas sebagai sumber pembelajaran matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 127–137.
Litik, B. S. Y., & Argarini, D. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Artefak Peninggalan Sejarah Di Kota NTT. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 79.
Mahuda, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Lebak Dilihat Dari Sisi Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 29–38.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis (Third). SAGE Publications.
Muslimin, T. P., & Rahim, A. (2021). Etnomatematika Permainan Tradisional Anak Makassar Sebagai Media Pembelajaran Geometri Pada Siswa Sd. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 22–32.
Orey, D., & Rosa, M. (2006). Ethnomathematics and the Teaching and Learning Mathematics From a Multicultural Perspective. Proceedings of the International Congress of Mathematics Education Copenhagen, 1(May 2006), 144–145.
Purniati, T., Turmudi, Juandi, D., & Suhaedi, D. (2021). Ethnomathematics Exploration of The Masjid Raya Bandung Ornaments in Transformation Geometry Materials. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 235.
Purniati, T., Turmudi, & Suhaedi, D. (2020). Ethnomathematics: Exploration of a mosque building and its ornaments. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3).
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837.
Sari, N. R., Wahyuni, P., & Larasati, A. (2020). Analisis Makanan Tradisional Dalam Perspektif Etnomatematika Sebagai Pendukung Literasi dan Sumber Belajar Matematika. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2721).
Saviraningrum, W., & Wahidin. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 748–763.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298.
Soebagyo, J., & Haya, A. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al- Ma ’ mur sebagai Media d alam Penyampaian Konsep Geometri. Mathema Journal, 5(2), 235–257.
Sudihartinih, E. (2020). ETHNOMATHEMATICS IN MEASURING RICE FIELD AREAS IN ONE OF THE AREAS IN INDRAMAYU. Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 1–11.
Sudihartinih, E. (2023). Kajian Etnomatika: Mengungkap Penggunaan Alat Ukur Beras di Suatu Wilayah di Indramayu. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 59–70.
Susanto, F. P. K., Heryanto, D. R., & Rauta, D. A. U. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Joglo Sinom Limas. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 483–491.
Sustriani, N., & Nst, A. S. (2022). Etnomatematika Bentuk Jajanan Pasar Tradisional Di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 82–96.
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413.
Wikipedia. (n.d.). Kota Sukabumi. Retrieved February 28, 2024, from https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Sukabumi
Wulandari, D., & Budiarto, M. T. (2020). Etnomatematika : Eksplorasi Pada Artefak Kerajaan Singosari. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 203–217.
Yin, R. K. (2016). Qualitative Research from Start to Finish. In The Guilford Press (Vol. 5, Issue 1).
Published
25-05-2024
How to Cite
Salma Muftiyah, & Eyus Sudihartinih. (2024). ETNOMATEMATIKA PADA ORNAMEN MASJID AGUNG KOTA SUKABUMI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 92-108. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3650