ETNOMATEMATIKA PADA ORNAMEN MASJID AGUNG KOTA SUKABUMI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil kajian etnomatematika pada ornamen Masjid Agung Kota Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan etnografi, yaitu memahami dan menggambarkan pola-pola perilaku, kepercayaan, dan bahasa yang dimiliki oleh kelompok budaya yang sedang diteliti. Subjek penelitian ini sebanyak 2 orang yang merupakan pengurus Masjid Agung Kota Sukabumi. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, catatan lapangan, observasi, dokumentasi, dan kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat aspek-aspek etnomatematika pada ornamen-ornamen Masjid Agung Kota Sukabumi yaitu pada kubah, mimbar, jendela, pintu, gagang pintu, tiang, lampu, menara, atap, dan taman. Di mana ornamen-ornamen tersebut dapat dikaitkan dengan beberapa materi geometri, seperti pada konsep bangun datar, bangun ruang, dan transformasi geometri. Oleh karena itu, guru dapat membuat bahan ajar dari hasil kajian etnomatematika tersebut tentang bangun datar, bangun ruang, dan transformasi geometri. Selain itu, perlu mengujicobakan bahan ajar tersebut di kelas pembelajaran matematika untuk mengetahui efektifitasnya.
Downloads
References
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (Fourth). SAGE Publications.
Edi, S. (2021). Eksplorasi Konten Transformasi Geometri Berbasis Etnomatematika Pakaian Adat Suku Dayak Kenyah. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2721).
Febriana, R., Kurniasih, A., Setiyaningsih, E., & Maharani, O. P. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Tugu Jogja. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–48.
Febrianti, I., & Rahmawati, I. (2020). Eksplorasi Geometri Pada Candi Bajang Ratu Sebagai Implementasi Etnomatematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 08(2), 442–452.
Indrayany, E. S., & Lestari, F. (2019). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri dan faktor penyebab kesulitan siswa ditinjau dari teori van hiele. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 109–123.
Iraratu, M. K., Urath, S., Srue, O., & Nifanngelyau, J. (2021). Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Desa Lorulun Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), 2119–2133.
Kholifatuzzuhro, A., Sunardi, & Monalisa, L. A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kerajinan Kayu Di Desa Tutul Kecamatan Balung Sebagai Bahan Ajar Geometri. Kadikma, 11(1), 75.
Kumala, F. Z. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi pembuatan tahu khas Kalisari Kabupaten Banyumas sebagai sumber pembelajaran matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 127–137.
Litik, B. S. Y., & Argarini, D. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Artefak Peninggalan Sejarah Di Kota NTT. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 79.
Mahuda, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Lebak Dilihat Dari Sisi Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 29–38.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis (Third). SAGE Publications.
Muslimin, T. P., & Rahim, A. (2021). Etnomatematika Permainan Tradisional Anak Makassar Sebagai Media Pembelajaran Geometri Pada Siswa Sd. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 22–32.
Orey, D., & Rosa, M. (2006). Ethnomathematics and the Teaching and Learning Mathematics From a Multicultural Perspective. Proceedings of the International Congress of Mathematics Education Copenhagen, 1(May 2006), 144–145.
Purniati, T., Turmudi, Juandi, D., & Suhaedi, D. (2021). Ethnomathematics Exploration of The Masjid Raya Bandung Ornaments in Transformation Geometry Materials. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 235.
Purniati, T., Turmudi, & Suhaedi, D. (2020). Ethnomathematics: Exploration of a mosque building and its ornaments. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3).
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837.
Sari, N. R., Wahyuni, P., & Larasati, A. (2020). Analisis Makanan Tradisional Dalam Perspektif Etnomatematika Sebagai Pendukung Literasi dan Sumber Belajar Matematika. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2721).
Saviraningrum, W., & Wahidin. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 748–763.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298.
Soebagyo, J., & Haya, A. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al- Ma ’ mur sebagai Media d alam Penyampaian Konsep Geometri. Mathema Journal, 5(2), 235–257.
Sudihartinih, E. (2020). ETHNOMATHEMATICS IN MEASURING RICE FIELD AREAS IN ONE OF THE AREAS IN INDRAMAYU. Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 1–11.
Sudihartinih, E. (2023). Kajian Etnomatika: Mengungkap Penggunaan Alat Ukur Beras di Suatu Wilayah di Indramayu. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 59–70.
Susanto, F. P. K., Heryanto, D. R., & Rauta, D. A. U. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Joglo Sinom Limas. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 483–491.
Sustriani, N., & Nst, A. S. (2022). Etnomatematika Bentuk Jajanan Pasar Tradisional Di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 82–96.
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413.
Wikipedia. (n.d.). Kota Sukabumi. Retrieved February 28, 2024, from https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Sukabumi
Wulandari, D., & Budiarto, M. T. (2020). Etnomatematika : Eksplorasi Pada Artefak Kerajaan Singosari. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 203–217.
Yin, R. K. (2016). Qualitative Research from Start to Finish. In The Guilford Press (Vol. 5, Issue 1).
Copyright (c) 2024 Salma Muftiyah, Eyus Sudihartinih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.