PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)
Abstract
Berpikir kritis adalah suatu komponen dari berpikir tingkat tinggi yang sangat penting untuk dipelajari siswa. Kemampuan berpikir kritis dapat membantu siswa untuk mengingat materi pembelajaran yang sudah dan akan dipelajari. Dengan dikembangkannya kemampuan berpikir kritis maka siswa akan terbiasa menganalisis, mengidentifikasi suatu permasalahan kemudian mengaitkannya dengan yang lain dan mengevaluasi sebelum diambil suatu kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMA N 1 Gebog. Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dipilih menjadi subjek penelitian sebanyak 6 siswa berdasarkan adversity quotient dengan kategori quitter ,camper ,dan climber dengan menggunakan angket ARP. Pengumpulan data dari angket, tes kemampuan berpikir kritis matematis pada materi barisan dan deret aritmatika, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data . Kemudian penyajian data, Setelah itu mencocokkan data wawancara dan hasil tes menggunakan triangulasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh deskripsi kemampuan berpikir kritis matematis siswa quitter, camper dan climber adalah sebagai berikut. (1) Siswa dengan AQ quitter memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu interpretasi, dan (2) Siswa dengan AQ camper memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu interpretasi, dan inferensi, dan (3) Siswa dengan AQ climber memenuhi indikator interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi.
Downloads
References
Asdarina & Ridha (2020) ‘Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri’, Jurnal Numeracy, 7(1), Pp. 35–48.
Aulya & Purwaningrum.(2021).'Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis',Mathematic Education Journal.Vol.4.No.3 November 2021
Ayu, Henry dan Purwaningrum.(2020).'Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD'. Jurnal Prakarsa Paedagogia.Vol. 3 No.1, Juni 2020
Badjeber, R. And Purwaningrum, J. P. (2018) ‘Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp’, Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), Pp. 36–43. Doi: 10.31970/Gurutua.V1i1.9.
Fakhriyah,f., Sumaji, & Roysa, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2 (1), 76-78.
Hidayat, W., Wahyudin And Prabawanto, S. (2018) ‘The Mathematical Argumentation Ability And Adversity Quotient (Aq) Of Pre-Service Mathematics Teacher’, Journal On Mathematics Education, 9(2), Pp. 239–248. Doi: 10.22342/Jme.9.2.5385.239-248.
Kurniadi, G. And Purwaningrum, J. P. (2018a) ‘Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Discovery Learning Berbantuan Asesmen Hands On Activities’, Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), Pp. 8–13. Doi: 10.24176/Anargya.V1i1.2463.
Kurniadi, G. And Purwaningrum, J. P. (2018b) ‘Kesalahan Siswa Pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah Dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis’, Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2).
Mufida, N. And Fathurohman, I. (2022) ‘Jurnal Pajar ( Pendidikan Dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 5 September 2022 | Issn Cetak : 2580 - 8435 | Issn Online : 2614 - 1337 Doi : Http://Dx.Doi.Org/10.33578/Pjr.V6i5.8500 Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sdn 3 Undaan Lor Pada The Fourth- Gra’, 6(September), Pp. 1274–1283.
Nurlaeli, N., Noornia, A. And Wiraningsih, E. D. (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient’, Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), P. 145. Doi: 10.24853/Fbc.4.2.145-154.
Purwaningrum, J. P.(2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Problembased Learning “What’s Another Way” Dan Discovery Learning Berdasarkan Adversity Quotient: Studi Eksperimen Pada Satu Smp Negeri Di Kabupaten Pekalongan. (Tesis). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahayu, N. And Alyani, F. (2020) ‘Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient’, Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), P. 121. Doi: 10.31000/Prima.V4i2.2668.
Risdianah, E. (2022) ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy Pada Siswa Kelas V Sdn Kutukulon Jetis Ponorogo’. Available At: Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/19603/.
Sadana, Darul Khafidin, & Sumaji. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui STEAM dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Volume Kubus dan Balok untuk siswa SD Kelas V.
Stoltz, G. Paul. (2002). Adversity quotient, mengubah hambatan menjadi peluang. Jakarta : Grasindo
Stoltz, P.G. (2000). Adversity quotient, mengubah hambatan menjadi peluang. Jakarta : Grasindo
Sugiyono.(2015).E-book Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D.Bandung:Alvabeta.
Sumardi, S. And Tyas, A. C. (2022) ‘Reflective Thinking Profile Of High School Students In Solving Hots-Type Questions Reviewed From Adversity Quotient’, Jtam (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(4), P. 905.
Copyright (c) 2023 Novita Meliya Putri, Sumaji Sumaji, Jayanti Putri Purwaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.