UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA DALAM MATERI PENGURANGAN DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI KELAS 1A SDN PERCOBAAN 2 DEPOK

  • Annisa Septiani Jannah Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Rasidi Rasidi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Puji Rahmawati Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Keti Winarni Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Matematika, Kartu angka.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika dalam materi pengurangan dengan metode problem based learning (PBL) melalui media kartu angka. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan di kelas 1A SDN Percobaan 2 Depok dengan subjek penelitian 28 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tentang pengurangan 1-10 sebanyak 15 butir soal. Hasil dari penelitian berdasarkan   nilai rata-rata meningakat pada siklus 1 76,67% menjadi 84,92% pada siklus ke 2. Dapat disimpulkan, bahwa dalam penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dengan media kartu angka dalam pembelajaran matematika materi pengurangan di kelas 1A SDN Percobaan 2 Depok menunjukan dampak positif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, memahami konsep matematika, dan mengembangkan kemampuan berhitung siswa secara efektif.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

​​Hayati, M., Nurmawanti, I., & Makki, M. (2023). Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Pembagian Siswa Sekolah Dasar. 9(4), 2036–2042. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5795

​Matematika, J. P., Matematika, D., Puteri, J. W., & Riwayati, S. (n.d.). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN CONNETED MATHEMATICS PROJECT (CMP).

​Negeri, S. D., Kecamatan, T., & Toar, G. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA SEKOLAH DASAR ROSDIATI (Vol. 3, Issue 2).

​Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN MANFAATNYA DI SEKOLAH DASAR SWASTA PLUS AR-RAHMANIYAH. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

​Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176

​Parwati, N. N., Parmiti, D. P., Jampel, N., Guru, J. P., Anak, P., Dini, U., & Pendidikan, J. T. (n.d.). PENERAPAN PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DAPAT MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF.

​Pendidikan Kebutuhan Khusus, J., & Liza Reafani, S. (n.d.). Media Puzzle Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia. https://doi.org/10.24036/jpkk.v1i1.93

​Pitra Pebrianti, A., & Haki Pranata, O. (2018). PEDADIDAKTKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Penerapan Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Beda (Vol. 5, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index-Allrightsreserved
Published
20-11-2023
How to Cite
Jannah, A. S., Rasidi , R., Rahmawati, P., & Winarni, K. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA DALAM MATERI PENGURANGAN DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI KELAS 1A SDN PERCOBAAN 2 DEPOK . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 397-406. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3124