PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII

  • Nabilla Anizzulfa Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Hairul Saleh Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Prahesti Tirta Safitri Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Discovery Learning, pemecahan masalah matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan teknik kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Kota Tangerang. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest experimental control group design dengan teknik simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspriyani, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(1).
Hardianti, C. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Di MTS Negeri Prabumulih.
Nurdiana, A. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X IPA. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP-PGRI Bandar Lampung, 1(2), 1–23.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2007
Putri Rizki, R. (2022). Penerapan Blended Learning Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa.
Ramdhani, S. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis Siswa. repository.upi.edu
Sari, F. A., Noer, S. H., & Caswita. (2019). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(03), 776–787.
Setiyowati, P., & Panggayuh, V. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video scribe sparkol terhadap hasil belajar smk perwari tulungagung kelas X tahun ajaran 2017/2018. Joeict (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 12–21. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/694
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemmapuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–2. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm
Surur, M., & Tri Octavia, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1).
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452
Published
13-11-2023
How to Cite
Anizzulfa, N., Saleh, H., & Safitri, P. T. (2023). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 219-227. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3112