PENGARUH MINAT, MOTIVASI DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 HILIDUHO

  • Seli Intan Sari Zendrato Universitas Nias
  • Amin Otoni Harefa Universitas Nias
Keywords: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Kemampuan Metakognitif, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Hasil belajar siswa adalah salah satu tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana tujuan dari pembelajaran tersebut sudah tercapai. Berdasarkan hasil pengamatan selama melaksanakan magang serta hasil wawancara terhadap siswa dan guru di SMP Negeri 1 Hiliduho, hasil belajar matematika masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni, minat, motivasi dan kemampuan metakognitif siswa.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan pengaruh antara minat, motivasi dan kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar matematika yang akan dicapai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar, angket motivasi belajar, angket kemampuan metakognitif dan tes hasil belajar matematika. Banyaknya populasi pada penelitian ini yaitu 429 dengan sampel yaitu 127 orang yang di ambil dengan menggunakan teknik stratifield random. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada hipotesis pertama, nilai Signifikan (Sig) sebesar 0,008 > 0,05. Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang mana semakin tinggi tingkat minat belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa begitu pun sebaliknya. Pada hipotesis kedua nilai Signifikan (Sig) sebesar 0,018 > 0,05. Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang mana semakin tinggi tingkat motivasi belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa begitu pun sebaliknya. Pada hipotesis ketiga, nilai Signifikan (Sig) sebesar 0,000 > 0,05. Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang mana semakin tinggi tingkat kemampuan metakognitif siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa begitu pun sebaliknya. Pada hipotesis keempat, nilai Fhitung (16,21) > Ftabel (2,67). Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan besar koefisien determinasi = 0,165. Ketiga variabel bebas bersama-sama memiliki hubungan dengan variabel terikat dengan persentase 16,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Derfia, J., Yesi, G & Yudhi H. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman KOnsep Matematis Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 17 Batam. Jurnal Cahaya Pendidikan, 6(2), 128-138
https://www.researchgate.net/publication/362171633_ANALISIS_KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_KONSEP_MATEMATIS_SISWA_DALAM_MATERI_TRIGONOMETRI_KELAS_X_IPS_2_SMAN_17_BATAM
Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. (https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064)
Fansuri, K., I Putu, A. A. P. & Gusti A. M. A. P. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 2(2), 138-147
Fathia, N.I., Sulistianingsih & Arifannisa. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negera III
https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/925/1/SKRIPSI%20NUR%20CAHYONO%20NPM.1501050088%20%20Perpustakaan%20IAIN%20Metro.pdf
Minarni, Ani., E Elvix, N & Sri, D. L. (2020). Kemampuan Berpikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa.
https://www.researchgate.net/publication/353162443_Kemampuan_Berpikir_Matematis_dan_Aspek_Afektif_Siswa
Nisa, Z. A., Marhayati & Sri Hariani. (2022). Pengaruh Math Anxiety, Prokrastinasi, dan Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN 1 Blitar. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 2(1),116-127.
Rasti., Herna & Nurhidayah. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIA SMA Ngeri 1 Majene dengan Kemampuan Metakognisi Sebagai Variabe Intervening. Journal on Pedagogical Mathematics, 4(2),1-9.
https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/pedamath/article/view/1922/936
Rasyid, H., Sukardi & Endang, T. P. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA AL-HIKMAH Pulo Gadung, Jakarta Timur. Jurnal Ekonomi dan Industri. 23(2), 514-521.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar,21
Raraskartikasari. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya.Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 19(2), 23-31
Rizkian, A. & Ari Septian (2019). Kemampuan Metakognitif Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275-284
Rinaldi. (2017). Kesadaran Metakognitif. Jurnal RAP UNP, 8(1), 79-87
Riadi, E. 2016. Metode Statistik Parametrik dan NonParametrik. PT Pustaka Mandiri
Widjaya, H. O., Inggrid Suryatenggara & Lianah The. (2023). Pengaruh Motivasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Beryayasan Buddhis Se- Tangerang. Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 36-
Wirtaria, R., Aniswati & Elmita. (2023). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VA SDN 10 Sapiran Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1)
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Zega, Y. (2021). Hubungan Metakognitif dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Ikip Gunungsitoli. Jurnal Ilmiah DIDAKTIK IKIP Gunungsitoli, 15(1), 2565-2566.
Published
12-11-2023
How to Cite
Zendrato, S. I. S., & Harefa, A. O. (2023). PENGARUH MINAT, MOTIVASI DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 HILIDUHO. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3098