PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Annisa Pramadhany Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Ainil Mardiyah Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Mulia Suryani Universitas PGRI Sumatera Barat
Keywords: Problem Based Learning, Uji Ancova, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa ditinjau dari nilai UAS semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kuliner SMK Negeri 3 Payakumbuh Tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, berdasarkan pertimbangan guru matematik.a kelas XI Kuliner 1 dan 2 memiliki ketuntasan hasil belajar yang rendah, kelas XI Kuliner 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kuliner 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA. Hasil Uji ANCOVA dengan berbantuan aplikasi SPSS dengan a=0,05 maka diperoleh nilai sig.= 0,016. Karena nilai sig. > 0,05 maka  ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI Kuliner SMK Negeri 3 Payakumbuh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darlin, I., & Fathonah, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 48 Surabaya. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1237
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517
Hendra, Z., Yunita, A., & Mardiyah, A. (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Horizon, 1(4), 622–634. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i4.5133
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 702–708. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2176
Mutiarahman, W., Edriati, S., & Suryani, M. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Teorema Pythagoras. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 159–170. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2176
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
Rahmadani, Nur, Fitri Dewi Yuliana, Mardiyah, A. (2021). Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. LEMMA : Letters of Mathematics Education, 7(2), 146–156. https://doi.org/https://doi.org/10.22202/jl.2021.v7i2.4966
Rahmawati, P., & Apsari, N. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia). UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 49–56. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3135
Sumartini, tina sri. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pbl. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2), 156–160. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3555
Wulandari, N. (2011). Pengaruh Problem Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 14–24.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341
Published
11-11-2023
How to Cite
Pramadhany, A., Mardiyah, A., & Suryani, M. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 178-188. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3094