VALIDITAS E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI UKURAN PENEMPATAN DAN UKURAN KERAGAMAN DATA

  • Wahyu Husni Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Sefna Rismen Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahmi Rahmi Universitas PGRI Sumatera Barat
Keywords: Pengembangan, E-Modul, PBL

Abstract

Keterbatasan bahan ajar membuat siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan serius. Hal ini terjadi di SMAN 16 Padang, bahan ajar yang digunakan berupa LKPD dan buku cetak yang tidak semua siswa memilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan plomp. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, daftar checlist dan angket validasi. Berdasarkan hasil validasi E-Modul berbasis problem based learning diperoleh nilai akhir yaitu 89,48% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis problem based learning materi ukuran penempatan dan ukuran keragaman data dinyatakan valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreni, N. N. D., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Materi Pecahan Kelas IV di SD No. 2 Sembung. Journal on Teacher Education, 2(3), 35–43.

Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057

Hidayatulloh, M. S. (2003). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas PGRI Semarang, 1(2), 24–31.

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2097–2107.

Nurhalimah, Rahmi, & Suryani, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sman 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 244–255. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp244-255

Plomp, T., Nieveen, N., E.Kelly, A., Bannan, B., & Akker, J. van den. (2013). Educational Design Research Educational Design Research.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Putri, A. A., Rahmi, & Melisa. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flip PDF Profesional Pada Materi Bilangn Berpangkat dan Bentuk Akar. 6(1), 91–103.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Muda. Alfabeta.

Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran PKN di SD Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/2017. 1(1), 94–105.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Wandini, rora rizki, & Banurea, oda kinata. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD (Nomor 57).
Published
13-11-2023
How to Cite
Husni, W., Rismen, S., & Rahmi, R. (2023). VALIDITAS E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI UKURAN PENEMPATAN DAN UKURAN KERAGAMAN DATA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 291-303. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3093