ANALISIS KESULITAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILIDUHO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Andi Salfin Mendrofa Universitas Nias
  • Ratna Natalia Mendrofa Universitas Nias
Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 2 Hiliduho, ditemukan masalah yaitu siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Kesulitan belajar merupakan salah satu faktor ekstern (dari luar diri) siswa yang diidentifikasikan mengakibatkan rendahnya prestasi belajar matematika siswa, kesulitan belajar ini dapat disebabkan oleh banyak faktor salah satu diantaranya adalah siswa tidak mengerti dengan baik dan jelas tujuan dan isi materi dari pelajaran matematika yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kesulitan siswa pada pembelajaran matematika. (2) mendeksripsikan kesulitan belajar matematika siswa tersebut pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Hiliduho. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Hiliduho dengan jumlah informan penelitian sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa : ada siswa yang kesulitan belajar pada materi statistika dengan kategori kesulitan sangat rendah, cukup dan sulit. dalam penyajian data, kurangnya pengoperasian bilangan, serta penggunaan operasi matematika (Penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian), menemukan solusi serta dalam mengambil kesimpulan, sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Dari hasil analisis lembar jawaban siswa, di peroleh sebagian besar siswa tidak memberikan jawaban benar yang menyelesaikan penyelesaian dari soal tersebut. Hal ini di perkuat dengan deskripsi hasil wawancara dengan semua siswa sebagai subjek penelitian, dan berdasarkan hasil wawancara di ketahui bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam belajar matematika khususnya materi Statistika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01). 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.148
Fidayanti, Meta, dkk. 2020. Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies. 03(1), 88-96. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24269.
Hasibuan, Eka Khairani. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom: Jurnal dan Pendidikan Matematika, 7(1), 18-20. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766.
Isrok’atun, dkk. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Bumi Aksara.

Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 18-36. (Online)
Jatmiko. 2018. Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17-20. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2285.
Lestari dan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mediyani, Dinar, 2020. Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi statistika pada siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(04), 385-392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.p%25p.
Rofiqi, Roysid, dkk, 2020 Diagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Syamila, dkk, 2021. Hambatan E-Learning Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1807-1818. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.696.
Sholilah, dkk, 2017. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele, Jurnal Mosharafa. 6(2), 287-298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA

Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
11-11-2023
How to Cite
Mendrofa, A. S., & Mendrofa, R. N. (2023). ANALISIS KESULITAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILIDUHO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 145-167. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3092