ANALISIS KESULITAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILIDUHO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 2 Hiliduho, ditemukan masalah yaitu siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Kesulitan belajar merupakan salah satu faktor ekstern (dari luar diri) siswa yang diidentifikasikan mengakibatkan rendahnya prestasi belajar matematika siswa, kesulitan belajar ini dapat disebabkan oleh banyak faktor salah satu diantaranya adalah siswa tidak mengerti dengan baik dan jelas tujuan dan isi materi dari pelajaran matematika yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kesulitan siswa pada pembelajaran matematika. (2) mendeksripsikan kesulitan belajar matematika siswa tersebut pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Hiliduho. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Hiliduho dengan jumlah informan penelitian sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa : ada siswa yang kesulitan belajar pada materi statistika dengan kategori kesulitan sangat rendah, cukup dan sulit. dalam penyajian data, kurangnya pengoperasian bilangan, serta penggunaan operasi matematika (Penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian), menemukan solusi serta dalam mengambil kesimpulan, sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Dari hasil analisis lembar jawaban siswa, di peroleh sebagian besar siswa tidak memberikan jawaban benar yang menyelesaikan penyelesaian dari soal tersebut. Hal ini di perkuat dengan deskripsi hasil wawancara dengan semua siswa sebagai subjek penelitian, dan berdasarkan hasil wawancara di ketahui bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam belajar matematika khususnya materi Statistika.
Downloads
References
Fidayanti, Meta, dkk. 2020. Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies. 03(1), 88-96. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24269.
Hasibuan, Eka Khairani. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom: Jurnal dan Pendidikan Matematika, 7(1), 18-20. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766.
Isrok’atun, dkk. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Bumi Aksara.
Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 18-36. (Online)
Jatmiko. 2018. Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17-20. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2285.
Lestari dan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Mediyani, Dinar, 2020. Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi statistika pada siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(04), 385-392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.p%25p.
Rofiqi, Roysid, dkk, 2020 Diagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Syamila, dkk, 2021. Hambatan E-Learning Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1807-1818. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.696.
Sholilah, dkk, 2017. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele, Jurnal Mosharafa. 6(2), 287-298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA
Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Copyright (c) 2023 Andi Salfin Mendrofa, Ratna Natalia Mendrofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.