KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SPLDV MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

  • Nurhayati Nurhayati UIN Raden Fatah Palembang
  • Yuli Fitrianti UIN Raden Fatah Palembang
  • Feli Ramury UIN Raden Fatah Palembang
Keywords: Problem Based Learning, SPLDV, Berpikir Aljabar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) setelah menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 MTs GUPPI Sukamoro. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes dan Wawancara. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII.1 dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir aljabar setelah menggunakan pendekatan PBL belum mampu meningkatkan kemampuan berpikir aljabar. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes siswa yang belum merata dimana terdapat 5 siswa berkemampuan tinggi, 17 siswa berkemampuan sedang dan 5 siswa berkemampuan rendah. Siswa yang berkemampuan berpikir aljabar tinggi mampu memenuhi 6 dari 7 indikator berpikir aljabar. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir aljabar sedang mampu memenuhi 4 dari 7 indikator kemampuan berpikir aljabar dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir aljabar rendah tidak mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir aljabar.

Kata Kunci : Problem Based Learning, SPLDV, Berpikir Aljabar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika. 8(1), 1-13.
Badawi, A. (2015). Analisis kemampuan berpikir aljabar dan kemampuan berpikir kritis dalam matematika pada siswa SMP kelas VIII (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.
Creswell, J. W. (2018). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 6th Edition.Pearson.
Farida, I & Hakim, D.R. (2021). Kemampuan berpikir aljabar siswa SMP paada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4(5), 1123-1136.
Kieran, C. (2004). Algebraic thinking in the early grades: What Is It?. The mathematics educator. 8(1), 139-151.
Nissa, A.D.A. (2002). Analisis Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa dengan model pembelajaran masalah (PBL) dalam menyelesaikan masalah matematika. AKSIOMA:Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11(2), 1400-1410.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Tecnoscienza. 2(1), 44-52.
Published
07-11-2023
How to Cite
Nurhayati, N., Fitrianti, Y., & Ramury, F. (2023). KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SPLDV MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 114-129. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3083