SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: SELF CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
Peranan matematika dalam kehidupan sangat penting. Untuk itu siswa harus memiliki kemampuan kognitif dan kemampuan afektif dalam pembelajaran, salah satunya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence. Self confidence merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Siswa yang memiliki sikap percaya pada kemampuan yang dimiliki tidak akan cemas ketika dihadapkan pada suatu persoalan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan literatur berupa artikel jurnal yang diperoleh dari Eric Journal, Scimago Journal Rank, dan Google Schoolar. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengkaji, serta membuat kesimpulan dari literatur yang berkaitan dengan pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengidentifikasi atau meninjau semua artikel dalam penelitian ini dengan topik penelitian yang sama. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel jurnal nasional dan internasional. Berdasarkan hasil penelitian dari literatur yang menjadi data penelitian diperoleh: (1) upaya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence dapat dengan menerapkan model pembelajaran, penggunaan bahan ajar dan media pembelajaran yang tepat; (2) self confidence mempengaruhi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, yaitu self confidence tinggi maka kemampuan pemecahan masalah matematisnya juga tinggi, begitupun sebaliknya.
Downloads
References
Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence. Journal On Education , 58-65.
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang . Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 144-153.
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 147-153.
Arpiah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil belajar Matematika. Jurnal PRIMATIKA, 43-52.
Barricelli, B. R., Cassano, F., Fogli, D., & Piccinno, A. (2019). End-user development, end-user programming and end-user software engineering: A systematic mapping study. Journal of Systems and Software, 101-137.
Dewi, P. Y., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 19-26.
Fauziah, R., Maya, R., & Fitriana, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 881-886.
Ferdianto , F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 32-36.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Edumatica UNIMED.
Hendriana, H. (2018). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 109-118.
Hobri, Ummah, I. K., Yuliati, N., & Dafik. (2020). The Effect of Jumping Task Based on Creative Problem Solving on Students’ Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 387-406.
Khasmawati, H., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2022). Self Confidence Siswa dalam Memecahkan Soal Serupa Pisa Berkonten Changes and Relationships. JUMADIKA: Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1-7.
Lusiana, & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk Mengidentifikasi Isu-Isu dalam Software Engineering. SATIN: Sains Dan Teknologi Informasi, 1-11.
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1745-1756.
Masruroh, A. A., Faturohman, Y., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2019). Analisis Self Confidence Siswa Kelas X Ht 3 Smk Sangkuriang 2 Dalam Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 379-384.
Muniro, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Hubungan Self Confidence dengan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 479-486.
Nasution, D. H., & Yerizon. (2019). Development Of Student Worksheets Based On Discovery Learning To Improve Student Mathematical Problem Solving Ability In Class X Senior High School. International Journal Of Scientific & Technology Research, 228-231.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 119-131.
Nurojab, E. S., & Sari, V. T. (2019). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 329-336.
Putra, A., & Andriani, M. (2021). Systematic Literature Review: Media Video Blog (Vlog) on Learning. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage. Journal Homepage, 111-121.
Putri, D. R., Nasir, F., & Maharani, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 111-121.
Rahmi, N., Arnawa, I. M., & Yerizon. (2019). Preparation Development Of Learning Device Problem Based Learning Model With Scientific Approach To Improve Mathematical Problem Solving Ability. International Journal of Scientific & Technology Research, 522-529.
Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 171-179.
Razavian, M., Paech, B., & Tang, A. (2019). Empirical research for software architecture decision making: An analysis. Journal of Systems and Software, 360-381.
Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1-14.
Salamah, F., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 28-33.
Sari, N. M., Yuniawati, P., Darhim, & Kartasasmita, B. G. (2019). The Effect of Different Ways in Presenting Teaching Materials on Students’ Mathematical Problem Solving Abilities. International Journal of Instruction, 495-512.
Sheldrake, R., Mujtaba, T., & Reiss , M. J. (2022). Implications of under-confidence and over-confidence in mathematics at secondary school. International Journal of Educational Research, 1-19.
Sholeha, L. A., Novianti, D., & Chotimah, S. (2019). Pengaruh Media ICT Berbasis for VBA Excel Terhadap Self Confidence Matematis Siswa SD Pada Materi Bangun Ruang. Journal On Education, 104-109.
Siregar, N. C., Rosli, R., Maat, S. M., Alias, A., Toran, H., Mottan, K., & Nor, S. M. (2020). The impacts of mathematics instructional strategy on students with autism: A systematic literature review. European Journal of Educational Research, 729-741.
Sukontawaree, N., Poonputta, A., & Prasitnok, O. (2022). Development of Problem-Solving Abilities in Science by Inquiry-Based Learning With Cooperative Learning for Grade 4 Students. Journal Of Educational Issues, 771-782.
Sulaeman, M. G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 66-80.
Tresnawati, Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 116-122.
Wulandari , A., Nurcahya, A., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Antara Self Confidence dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 799-806.
Copyright (c) 2023 Rohmatin Zukhriya, Zaenuri Zaenuri, Walid Walid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.