SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: SELF CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

  • Rohmatin Zukhriya Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self confidence, Systematic Literature Review

Abstract

Peranan matematika dalam kehidupan sangat penting. Untuk itu siswa harus memiliki kemampuan kognitif dan kemampuan afektif dalam pembelajaran, salah satunya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence. Self confidence merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Siswa yang memiliki sikap percaya pada kemampuan yang dimiliki tidak akan cemas ketika dihadapkan pada suatu persoalan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan literatur berupa artikel jurnal yang diperoleh dari Eric Journal, Scimago Journal Rank, dan Google Schoolar. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengkaji, serta membuat kesimpulan dari literatur yang berkaitan dengan pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengidentifikasi atau meninjau semua artikel dalam penelitian ini dengan topik penelitian yang sama. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel jurnal nasional dan internasional. Berdasarkan  hasil  penelitian dari  literatur  yang  menjadi data penelitian diperoleh: (1) upaya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence dapat dengan menerapkan model pembelajaran, penggunaan bahan ajar dan media pembelajaran yang tepat; (2) self confidence mempengaruhi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, yaitu self confidence tinggi maka kemampuan pemecahan masalah matematisnya juga tinggi, begitupun sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 373-383.
Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence. Journal On Education , 58-65.
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang . Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 144-153.
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 147-153.
Arpiah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil belajar Matematika. Jurnal PRIMATIKA, 43-52.
Barricelli, B. R., Cassano, F., Fogli, D., & Piccinno, A. (2019). End-user development, end-user programming and end-user software engineering: A systematic mapping study. Journal of Systems and Software, 101-137.
Dewi, P. Y., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 19-26.
Fauziah, R., Maya, R., & Fitriana, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 881-886.
Ferdianto , F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 32-36.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Edumatica UNIMED.
Hendriana, H. (2018). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 109-118.
Hobri, Ummah, I. K., Yuliati, N., & Dafik. (2020). The Effect of Jumping Task Based on Creative Problem Solving on Students’ Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 387-406.
Khasmawati, H., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2022). Self Confidence Siswa dalam Memecahkan Soal Serupa Pisa Berkonten Changes and Relationships. JUMADIKA: Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1-7.
Lusiana, & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk Mengidentifikasi Isu-Isu dalam Software Engineering. SATIN: Sains Dan Teknologi Informasi, 1-11.
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1745-1756.
Masruroh, A. A., Faturohman, Y., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2019). Analisis Self Confidence Siswa Kelas X Ht 3 Smk Sangkuriang 2 Dalam Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 379-384.
Muniro, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Hubungan Self Confidence dengan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 479-486.
Nasution, D. H., & Yerizon. (2019). Development Of Student Worksheets Based On Discovery Learning To Improve Student Mathematical Problem Solving Ability In Class X Senior High School. International Journal Of Scientific & Technology Research, 228-231.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 119-131.
Nurojab, E. S., & Sari, V. T. (2019). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 329-336.
Putra, A., & Andriani, M. (2021). Systematic Literature Review: Media Video Blog (Vlog) on Learning. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage. Journal Homepage, 111-121.
Putri, D. R., Nasir, F., & Maharani, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 111-121.
Rahmi, N., Arnawa, I. M., & Yerizon. (2019). Preparation Development Of Learning Device Problem Based Learning Model With Scientific Approach To Improve Mathematical Problem Solving Ability. International Journal of Scientific & Technology Research, 522-529.
Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 171-179.
Razavian, M., Paech, B., & Tang, A. (2019). Empirical research for software architecture decision making: An analysis. Journal of Systems and Software, 360-381.
Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1-14.
Salamah, F., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 28-33.
Sari, N. M., Yuniawati, P., Darhim, & Kartasasmita, B. G. (2019). The Effect of Different Ways in Presenting Teaching Materials on Students’ Mathematical Problem Solving Abilities. International Journal of Instruction, 495-512.
Sheldrake, R., Mujtaba, T., & Reiss , M. J. (2022). Implications of under-confidence and over-confidence in mathematics at secondary school. International Journal of Educational Research, 1-19.
Sholeha, L. A., Novianti, D., & Chotimah, S. (2019). Pengaruh Media ICT Berbasis for VBA Excel Terhadap Self Confidence Matematis Siswa SD Pada Materi Bangun Ruang. Journal On Education, 104-109.
Siregar, N. C., Rosli, R., Maat, S. M., Alias, A., Toran, H., Mottan, K., & Nor, S. M. (2020). The impacts of mathematics instructional strategy on students with autism: A systematic literature review. European Journal of Educational Research, 729-741.
Sukontawaree, N., Poonputta, A., & Prasitnok, O. (2022). Development of Problem-Solving Abilities in Science by Inquiry-Based Learning With Cooperative Learning for Grade 4 Students. Journal Of Educational Issues, 771-782.
Sulaeman, M. G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 66-80.
Tresnawati, Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 116-122.
Wulandari , A., Nurcahya, A., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Antara Self Confidence dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 799-806.
Published
09-11-2023
How to Cite
Zukhriya, R., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: SELF CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 130-144. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3081