THE INFLUENCE OF COMICS IN MATHEMATICS LEARNING ON STUDENTS' PERCEPTIONS OF THE SUBJECT

  • fithrisrimulyani fithri Universitas Cipasung Tasikmalaya
Keywords: Media Pembelajaran, Komik, Persepsi, Motivasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan media komik dalam pembelajaran matematika; (2) respon dan persepsi siswa terhadap mata pelajaran (3) pegaruh media komik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan beberapa jurnal atau artikel dari hasil penelitian terdahulu untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan respon serta persepsi siswa terhadap matematika. Penelitian yang sudah terkumpul kemudian dikompilasi dan dianalisis sehingga diperoleh sebuah kesimpulan yang dapat mengetahui pengaruh media komik dalam pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah (1) media komik sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan penilaian validasi 70% - 100% dengan kualifikasi sangat baik. (2) respon siswa terhadap mata pelajaran matematika sangat baik dengan penilaian validasi 70% - 100% sehingga persepsi siswa terhadap matematika positif, serta (3) pengaruh media komik terhadap pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan memenuhi tingkat kelayakan dari segi materi, media, tampilan dan respon siswa  yang dapat merubah persepsi siswa terhadap matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilla, C.R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Thinking Skills and Creativity Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2), 52-62. doi: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30042

Febriyandani.R & Kowiyah. (2021). Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 323-330. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index

Gumilang, M.R., Wahyudi., & Indarini,E (2019). Pengambangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang Volume 3, No. 2, 2019, pp. 185-196. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Heinich, Robert, Molenda, Michael. Russell, James D., dan Smaldino, Sharon E. Instructional Technology and Media for Learning. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson. 2002

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan

Kusumadewi, M.L.W., Gunartha. I.W., Ariawan. I. P.W. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 9 (1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660

Leong, K. E. (2013). Factors that Influence the Understanding of Good Mathematics Teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 9(3), 319–328. https://doi.org/10.12973/eurasia.2013.939a

Meijayanti, D., Developing Contextual Teaching And Learning-Based Learning E-Comic On Social Arithmetic Materials For Junior High School Grade VII, J. Pendidik. Mat.-S1, 5(3), (2016).

Negara, H. S. (2014). Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minatmatematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 250–259. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i2.1319

Nuriza, S. (2018). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Kurikulum 2013. Lampung: Skripsi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Prihanto, D.A., Tri N.H.Y. (2018). Pengembangan Medis Komik Matematika Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 5(1). 79 – 90

Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., & Muhajir, M. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257–263. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 41–53

Siregar, N.,et al. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Dalam Pembelajaran Matematika. Journal Of Mathematics Education And Science. 2(1). 11 – 19. https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47

Tatalovic, M. (2009). Science comics as tools for science education and communication: A brief, exploratory study. Journal of Science Communication, 8(4), A02. https://doi.org/10.22323/2.08040202
Published
07-11-2023
How to Cite
fithri, fithrisrimulyani. (2023). THE INFLUENCE OF COMICS IN MATHEMATICS LEARNING ON STUDENTS’ PERCEPTIONS OF THE SUBJECT. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 92-100. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3068