THE INFLUENCE OF COMICS IN MATHEMATICS LEARNING ON STUDENTS' PERCEPTIONS OF THE SUBJECT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan media komik dalam pembelajaran matematika; (2) respon dan persepsi siswa terhadap mata pelajaran (3) pegaruh media komik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan beberapa jurnal atau artikel dari hasil penelitian terdahulu untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan respon serta persepsi siswa terhadap matematika. Penelitian yang sudah terkumpul kemudian dikompilasi dan dianalisis sehingga diperoleh sebuah kesimpulan yang dapat mengetahui pengaruh media komik dalam pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah (1) media komik sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan penilaian validasi 70% - 100% dengan kualifikasi sangat baik. (2) respon siswa terhadap mata pelajaran matematika sangat baik dengan penilaian validasi 70% - 100% sehingga persepsi siswa terhadap matematika positif, serta (3) pengaruh media komik terhadap pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan memenuhi tingkat kelayakan dari segi materi, media, tampilan dan respon siswa yang dapat merubah persepsi siswa terhadap matematika.
Downloads
References
Febriyandani.R & Kowiyah. (2021). Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 323-330. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index
Gumilang, M.R., Wahyudi., & Indarini,E (2019). Pengambangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang Volume 3, No. 2, 2019, pp. 185-196. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860
Heinich, Robert, Molenda, Michael. Russell, James D., dan Smaldino, Sharon E. Instructional Technology and Media for Learning. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson. 2002
Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan
Kusumadewi, M.L.W., Gunartha. I.W., Ariawan. I. P.W. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 9 (1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660
Leong, K. E. (2013). Factors that Influence the Understanding of Good Mathematics Teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 9(3), 319–328. https://doi.org/10.12973/eurasia.2013.939a
Meijayanti, D., Developing Contextual Teaching And Learning-Based Learning E-Comic On Social Arithmetic Materials For Junior High School Grade VII, J. Pendidik. Mat.-S1, 5(3), (2016).
Negara, H. S. (2014). Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minatmatematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 250–259. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i2.1319
Nuriza, S. (2018). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Kurikulum 2013. Lampung: Skripsi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Prihanto, D.A., Tri N.H.Y. (2018). Pengembangan Medis Komik Matematika Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 5(1). 79 – 90
Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., & Muhajir, M. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257–263. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261.
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 41–53
Siregar, N.,et al. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Dalam Pembelajaran Matematika. Journal Of Mathematics Education And Science. 2(1). 11 – 19. https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47
Tatalovic, M. (2009). Science comics as tools for science education and communication: A brief, exploratory study. Journal of Science Communication, 8(4), A02. https://doi.org/10.22323/2.08040202
Copyright (c) 2023 fithrisrimulyani fithri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.