PENGGUNAAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA MATERI LIMIT DAN TURUNAN
Abstract
Siswa masih mengalami kesulitan dalam melihat kaitan antara satu topik matematika, baik dengan topik matematika lainnya maupun dengan disiplin ilmu lain dan dengan kehidupan sehari-hari dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Hal ini dikarenakan unsur koneksi dalam pembelajaran jarang dimunculkan. Melihat kenyataan tersebut, maka perlu penggunaan strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan koneksi siswa salah satunya penggunaan mind mapping. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan rancangan Pretest-posttest Design. Populasi penelitian adalah salah satu SMA Negeri di kota Padang dengan sampel satu kelas di kelas XI IPA. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal, problem sheet berisi mind map, dan tes akhir pada materi limit dan turunan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistika inferensial berupa uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa kelas XI IPA lebih baik dibandingkan sebelumnya. Di samping itu, kemampuan siswa dalam menentukan koneksi antartopik matematika (K1), dengan disiplin ilmu lain (K2) dan dengan dunia nyata/kehidupan sehari-hari siswa (K3) mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa meningkat setelah pembelajaran dengan menggunakan mind mapping.Siswa masih mengalami kesulitan dalam melihat kaitan antara satu topik matematika, baik dengan topik matematika lainnya maupun dengan disiplin ilmu lain dan dengan kehidupan sehari-hari dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Hal ini dikarenakan unsur koneksi dalam pembelajaran jarang dimunculkan. Melihat kenyataan tersebut, maka perlu penggunaan strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan koneksi siswa salah satunya penggunaan mind mapping. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan rancangan Pretest-posttest Design. Populasi penelitian adalah salah satu SMA Negeri di kota Padang dengan sampel satu kelas di kelas XI IPA. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal, problem sheet berisi mind map, dan tes akhir pada materi limit dan turunan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistika inferensial berupa uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa kelas XI IPA lebih baik dibandingkan sebelumnya. Di samping itu, kemampuan siswa dalam menentukan koneksi antartopik matematika (K1), dengan disiplin ilmu lain (K2) dan dengan dunia nyata/kehidupan sehari-hari siswa (K3) mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa meningkat setelah pembelajaran dengan menggunakan mind mapping.
Downloads
References
Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43
Bagaskara, I. M. Y., Sudana, D. N., & Yudiana, K. (2020). The Positive Impact of SFE Learning Model Assisted with Mind mapping Media Toward Students’ Knowledge Competence in Science. Journal of Education Technology, 4(3), 317. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.27098
Buzan, T. (2009). Buku Pintar Mind Map. Gramedia Pustaka Utama.
Dwiwandira, N. R., & Tsurayya, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Materi Pengaplikasian Kalkulus pada Turunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2560–2569. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.898
Firmanti, P., & Fauzi Yuberta. (2021). Changes in The Mathematics Learning Process during The Covid-19 Pandemic at Junior High School in Bukittinggi. EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 6(1).
Gordah, E. K. (2012). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(3), 264–279. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i3.87
Husni, M., & Zainuddin. (2018). Memahami Konsep Pemikiran Mind Map Tony Buzan (1970) dalam Realitas Kehidupan Belajar Anak. Al-Ibrah, 3(1), 110–126.
Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 01(02), 309–316. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/68/56
Khaulah, S., & Novianti, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Program Linier Di Kelas XI MAN Peusangan. Jurnal Variasi, 13(1), 25–29. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/vrs/article/view/502
Krisdiyanti, D., Nuroso, H., & Fakultas, P. (2019). Pengaruh Model Integrated Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 135–140.
Kustian, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384
Listari, N. (2020). Pengembangan Lembar kerja peserta didik Berdasarkan Konsep Mind mapping Dengan Menerapkan Metode Debat Aktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMK Bhakti Kencana Mataram pada Materi Stoikiometri Tahun Pelajaran 2020 / 2021 Nening List. 7(2), 317–321.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics (Vol. 21, Issue 1). NCTM: Reston VA. www.nctm.org
Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1259
Puspitasari, R., Mulyanti, Y., & Setiani, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi. PHYDAGOGIC Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.31605/phy.v2i1.706
Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra Di Smp. Prisma, 8(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science, 2(1), 58–67.
Srimuliati, S., Faisal, F., Mazlan, M., & Sari Batu Bara, W. (2022). Pengaruh Model Brain Based Learning berbantuan LKPD Berbasis Mind Maps terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Negeri 1 Langsa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1501–1506. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.588
Copyright (c) 2023 Pipit Firmanti, Fathur Rahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.