MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MOODLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA
Abstract
Tindakan yang difokuskan untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui penguatan disiplin diri pada siswa disebut sebagai kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengevaluasi apakah siswa yang diajarkan dengan model flipped classroom berbasis moodle memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik daripada mereka yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group resume; (2) untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa dengan tingkat disposisi matematika yang berbeda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah; serta (3) untuk menganalisis bagaimana interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental semu yang menggunakan konsep pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis pertama pada penelitian ini didapatkan , sehingga ditolak, hasil uji hipotesis kedua diperoleh , sehingga diterima, hasil uji hipotesis ketiga diperoleh , sehingga diterima. Karena terjadi penolakan pada uji hipotesis pertama, maka dilanjutkan uji scheffe yaitu dengan menghitung rerata marginal. Berdasarkan analisis hasil hipotesis, disimpulkan bahwa: (1) siswa yang mengikuti model pembelajaran flipped classroom berbasis moodle memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe group resume; (2) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis antara siswa dengan tingkat disposisi matematika tinggi, sedang, dan rendah; serta (3) tidak terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan disposisi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis.
Downloads
References
Alonso-García, S., Aznar-Díaz, I., Caceres-Reche, M. P., Trujillo-Torres, J. M., & Romero-Rodríguez, J. M. (2019). Systematic review of good teaching practices with ICT in Spanish Higher Education. Trends and Challenges for Sustainability. Sustainability, 11(24), 1–15.
Alten, D. C. D., Van, Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2019). Effects of fl ipping the classroom on learning outcomes and satisfaction : A metaanalysis. Educational Research Review, 1–18. https://doi.org/10.1016/j.edurev.201 9.05.003.
Aminoto, T., & Dani, R. (2018). Pengembangan model diskusi berbasis whatsapp untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata kuliah fisika statistik. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 23–28.
Ardiana, N.A., Pardimin, & Wijayanto, Z. (2020). Efektivitas model pembelajaran flipped classroom ditinjau dari disposisi matematis siswa kelas VIII SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 193–204.
Ariyanti, M. (2017). Perbandingan keefektifan project based learning dan problem based learning ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 1–10.
Dhayanti, D., Johar, R., & Zubainur, C.M. (2018). Improving students’ critical and creative thinking through realistic mathematics education using geometer’s sketchpad. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 25–35. DOI: 10.23917/jramathedu.v3i1.5618.
Hamidah, M.T. & Prabawati, M.N. (2019). Analisis disposisi matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada materi statistika di MTsN 11 Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 373–380.
Kusumaningrum, H. & Suparman. (2020). Design of social arithmetic students worksheets with RME approaches to improve critical thinking ability. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 4978–4982.
Lee, M. (2018). Flipped classroom as an alternative future class model ?: implications of South Korea ’ s social experiment. Educational Technology Research and Development, 66(3), 837–857. https://doi.org/10.1007/s11423- 018-9587-9.
Maolidah, I.S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berfikir kritis. Edutcehnologia, 3(2), 160–170.
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31-41.
Mulyati, S. & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. DOI: 10.30656/gauss.v3i1.2127.
Nasution, E. Y. P., Pebrianti, D., & Putri, R. (2020). Analisis terhadap disposisi berpikir kritis siswa jurusan IPS pada pembelajaran matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 61-76.
NCTM. (1999). Principles and standards for school mathematics. Reston: NCTM.
Pamungkas, M. D. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik pada Matematika. Jurnal Theorems, 4(1), 115–124.
Rahayu, L.D. & Kusuma, A.B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 534–541.
Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa antara guided inquiry dan problem posing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-46.
Rosa, Y. E., Satyahadewi, N., & Mara, M. N. (2015). Metode scheffe dalam uji komparasi ganda analisis varians dua faktor dengan interaksi. Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 4(03), 371-378.
Salmiah, M., Rusman, A.A., & Abidin, Z. (2022). Konsep dasar pengelolaan kelas dalam tinjauan psikologi manajemen. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(1), 41-60.
Santoso, A.B. & Imron, F. (2021). Pengaruh model kooperatif tipe group resume pada kelas V SD kecamatan Laweyan kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 8(1), 19–27.
Sari, D.D. & Zulmaulida, R. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis moodle terhadap hasil belajar matematika siswa SMP kelas VIII. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 75–84.
Schleicher, A. (2019). Insights and interpretations. Paris: OECD Publishing.
Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, H., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.
Sumargiyani, S., Istiandaru, A., & Ainurrahman, M. A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa calon guru matematika menggunakan soal limit fungsi berbasis HOTS. AdMathEduSt:Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 11(1), 19–28.
Wiguna, I. W. A. & Indrayani, L. (2022). Pemanfaatan e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMAN Bali Mandara. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 56–64.
Wirayat, A., Matsum, J., & Okiana. (2015). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1–10.
Copyright (c) 2023 Nurul 'Ainaeni Lami', Megita Dwi Pamungkas, Yesi Franita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.