MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MOODLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA

  • Nurul Ainaeni Lami Universitas Tidar
  • Megita Dwi Pamungkas Universitas Tidar
  • Yesi Franita Universitas Tidar
Keywords: Disposisi Matematika, Flipped Classroom, Kemampuan Berpikir Kritis, Moodle

Abstract

Tindakan yang difokuskan untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui penguatan disiplin diri pada siswa disebut sebagai kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengevaluasi apakah siswa yang diajarkan dengan model flipped classroom berbasis moodle memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik daripada mereka yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group resume; (2) untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa dengan tingkat disposisi matematika yang berbeda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah; serta (3) untuk menganalisis bagaimana interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental semu yang menggunakan konsep pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis pertama pada penelitian ini didapatkan , sehingga  ditolak, hasil uji hipotesis kedua diperoleh , sehingga  diterima, hasil uji hipotesis ketiga diperoleh , sehingga  diterima. Karena terjadi penolakan  pada uji hipotesis pertama, maka dilanjutkan uji scheffe yaitu dengan menghitung rerata marginal. Berdasarkan analisis hasil hipotesis, disimpulkan bahwa: (1) siswa yang mengikuti model pembelajaran flipped classroom berbasis moodle memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe group resume; (2) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis antara siswa dengan tingkat disposisi matematika tinggi, sedang, dan rendah; serta (3) tidak terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan disposisi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alghadari, F. (2013). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan dan disposisi berpikir kritis matematik siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).
Alonso-García, S., Aznar-Díaz, I., Caceres-Reche, M. P., Trujillo-Torres, J. M., & Romero-Rodríguez, J. M. (2019). Systematic review of good teaching practices with ICT in Spanish Higher Education. Trends and Challenges for Sustainability. Sustainability, 11(24), 1–15.
Alten, D. C. D., Van, Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2019). Effects of fl ipping the classroom on learning outcomes and satisfaction : A metaanalysis. Educational Research Review, 1–18. https://doi.org/10.1016/j.edurev.201 9.05.003.
Aminoto, T., & Dani, R. (2018). Pengembangan model diskusi berbasis whatsapp untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata kuliah fisika statistik. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 23–28.
Ardiana, N.A., Pardimin, & Wijayanto, Z. (2020). Efektivitas model pembelajaran flipped classroom ditinjau dari disposisi matematis siswa kelas VIII SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 193–204.
Ariyanti, M. (2017). Perbandingan keefektifan project based learning dan problem based learning ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 1–10.
Dhayanti, D., Johar, R., & Zubainur, C.M. (2018). Improving students’ critical and creative thinking through realistic mathematics education using geometer’s sketchpad. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 25–35. DOI: 10.23917/jramathedu.v3i1.5618.
Hamidah, M.T. & Prabawati, M.N. (2019). Analisis disposisi matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada materi statistika di MTsN 11 Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 373–380.
Kusumaningrum, H. & Suparman. (2020). Design of social arithmetic students worksheets with RME approaches to improve critical thinking ability. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 4978–4982.
Lee, M. (2018). Flipped classroom as an alternative future class model ?: implications of South Korea ’ s social experiment. Educational Technology Research and Development, 66(3), 837–857. https://doi.org/10.1007/s11423- 018-9587-9.
Maolidah, I.S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berfikir kritis. Edutcehnologia, 3(2), 160–170.
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31-41.
Mulyati, S. & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. DOI: 10.30656/gauss.v3i1.2127.
Nasution, E. Y. P., Pebrianti, D., & Putri, R. (2020). Analisis terhadap disposisi berpikir kritis siswa jurusan IPS pada pembelajaran matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 61-76.
NCTM. (1999). Principles and standards for school mathematics. Reston: NCTM.
Pamungkas, M. D. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik pada Matematika. Jurnal Theorems, 4(1), 115–124.
Rahayu, L.D. & Kusuma, A.B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 534–541.
Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa antara guided inquiry dan problem posing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-46.
Rosa, Y. E., Satyahadewi, N., & Mara, M. N. (2015). Metode scheffe dalam uji komparasi ganda analisis varians dua faktor dengan interaksi. Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 4(03), 371-378.
Salmiah, M., Rusman, A.A., & Abidin, Z. (2022). Konsep dasar pengelolaan kelas dalam tinjauan psikologi manajemen. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(1), 41-60.
Santoso, A.B. & Imron, F. (2021). Pengaruh model kooperatif tipe group resume pada kelas V SD kecamatan Laweyan kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 8(1), 19–27.
Sari, D.D. & Zulmaulida, R. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis moodle terhadap hasil belajar matematika siswa SMP kelas VIII. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 75–84.
Schleicher, A. (2019). Insights and interpretations. Paris: OECD Publishing.
Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, H., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.
Sumargiyani, S., Istiandaru, A., & Ainurrahman, M. A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa calon guru matematika menggunakan soal limit fungsi berbasis HOTS. AdMathEduSt:Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 11(1), 19–28.
Wiguna, I. W. A. & Indrayani, L. (2022). Pemanfaatan e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMAN Bali Mandara. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 56–64.
Wirayat, A., Matsum, J., & Okiana. (2015). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1–10.
Published
04-11-2023
How to Cite
Ainaeni Lami, N., Dwi Pamungkas, M., & Franita, Y. (2023). MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MOODLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 77-91. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3053