HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR KALKULUS DIFERENSIAL DAN INTEGRAL DENGAN PRESTASI BELAJAR KALKULUS LANJUT MAHASISWA

  • R. H. Yanti Silitonga Universitas Pattimura
  • Widya Putri Ramadhani Universitas Pattimura
Keywords: hubungan hasil belajar, kalkulus diferensial, kalkulus integral, kalkulus lanjut

Abstract

Mata kuliah kalkulus diferensial dan integral merupakan dasar-dasar matematika yang penting dalam memahami dan menerapkan kalkulus lanjut. Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah kalkulus lanjut setelah lulus mata kuliah kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman kalkulus diferensial dan kalkulus integral dengan hasil belajar kalkulus lanjut mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Pattimura tahun 2020 yang telah mengambil mata kuliah kalkulus diferensial, kalkulus integral, dan kalkulus lanjut, dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui bentuk dan pengaruh antara variabel independen dan dependen. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara hasil belajar kalkulus diferensial terhadap hasil belajar kalkulus lanjut. Sumbangan pengaruh hasil belajar kalkulus diferensial dan kalkulus integral secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar kalkulus lanjut yakni sebesar 55,6%. Kontribusi relatif hasil belajar kalkulus diferensial terhadap hasil belajar kalkulus lanjut berdasarkan hasil perhitungan diperoleh 34,71% sedangkan sumbangan relatif hasil belajar kalkulus integral mencapai 65,29% terhadap hasil belajar kalkulus lanjut. Sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kalkulus diferensial dan integral terhadap hasil belajar kalkulus lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N., & Ariyanti, N. (2018). Kalkulus. Umsida Press. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/7478/1/nuku ajar ber issn kalkulus full nuril.pdf
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Belajar.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Keempat). Universitas Diponegoro.
Nurmalitasari, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak di STKIP PGRI Pasuruan. Educazione, 5(1), 2013–2015.
Muhassanah, N., & Lukman, H. S. (2021). Analisis Masalah Belajar Mahasiswa Pada Materi Integral Ditinjau Dari Perspektif Disposisi Matematis. Jurnal Analisa, 7(2), 185-194.
Rejeki, S. (2015). Kontribusi Kemampuan Kalkulus I dan Kalkulus II Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Analisis Vektor. JPM IAIN Antasar, 4(2), 1-14.
Septian, A. (2014). Pengaruh Kemampuan Prasyarat terhadap Kemampuan Penalaran Matematika dalam Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2), 178-199.
Silvia, & dkk. (2020). Hubungan Hasil Belajar Kalkulus Diferensial dan Kalkulus Integral Terhadap Hasil Belajar Kalkulus Lanjut Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma. JuSES, 3(2), 58-65. doi:https://doi.org/10.24246/juses.v3i2p58-65
Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis Regresi Liniar Ganda dengan SPSS (Pertama). Graha Ilmu.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947
Sumargiyani, & Nafi, B. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Diferensial. Prisma, 3, 591-598.
Takaendengan, B. R., & dkk. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 3(2), 67-75.
Tim Pengajar. (2021). Buku Ajar Kalkulus. Sukabumi: Nusa Putra Press.
Published
07-11-2023
How to Cite
Silitonga, R. H. Y., & Ramadhani, W. P. (2023). HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR KALKULUS DIFERENSIAL DAN INTEGRAL DENGAN PRESTASI BELAJAR KALKULUS LANJUT MAHASISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 101-113. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3048