HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR KALKULUS DIFERENSIAL DAN INTEGRAL DENGAN PRESTASI BELAJAR KALKULUS LANJUT MAHASISWA
Abstract
Mata kuliah kalkulus diferensial dan integral merupakan dasar-dasar matematika yang penting dalam memahami dan menerapkan kalkulus lanjut. Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah kalkulus lanjut setelah lulus mata kuliah kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman kalkulus diferensial dan kalkulus integral dengan hasil belajar kalkulus lanjut mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Pattimura tahun 2020 yang telah mengambil mata kuliah kalkulus diferensial, kalkulus integral, dan kalkulus lanjut, dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui bentuk dan pengaruh antara variabel independen dan dependen. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara hasil belajar kalkulus diferensial terhadap hasil belajar kalkulus lanjut. Sumbangan pengaruh hasil belajar kalkulus diferensial dan kalkulus integral secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar kalkulus lanjut yakni sebesar 55,6%. Kontribusi relatif hasil belajar kalkulus diferensial terhadap hasil belajar kalkulus lanjut berdasarkan hasil perhitungan diperoleh 34,71% sedangkan sumbangan relatif hasil belajar kalkulus integral mencapai 65,29% terhadap hasil belajar kalkulus lanjut. Sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kalkulus diferensial dan integral terhadap hasil belajar kalkulus lanjut.
Downloads
References
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Belajar.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Keempat). Universitas Diponegoro.
Nurmalitasari, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak di STKIP PGRI Pasuruan. Educazione, 5(1), 2013–2015.
Muhassanah, N., & Lukman, H. S. (2021). Analisis Masalah Belajar Mahasiswa Pada Materi Integral Ditinjau Dari Perspektif Disposisi Matematis. Jurnal Analisa, 7(2), 185-194.
Rejeki, S. (2015). Kontribusi Kemampuan Kalkulus I dan Kalkulus II Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Analisis Vektor. JPM IAIN Antasar, 4(2), 1-14.
Septian, A. (2014). Pengaruh Kemampuan Prasyarat terhadap Kemampuan Penalaran Matematika dalam Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2), 178-199.
Silvia, & dkk. (2020). Hubungan Hasil Belajar Kalkulus Diferensial dan Kalkulus Integral Terhadap Hasil Belajar Kalkulus Lanjut Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma. JuSES, 3(2), 58-65. doi:https://doi.org/10.24246/juses.v3i2p58-65
Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis Regresi Liniar Ganda dengan SPSS (Pertama). Graha Ilmu.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947
Sumargiyani, & Nafi, B. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Diferensial. Prisma, 3, 591-598.
Takaendengan, B. R., & dkk. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 3(2), 67-75.
Tim Pengajar. (2021). Buku Ajar Kalkulus. Sukabumi: Nusa Putra Press.
Copyright (c) 2023 R. H. Yanti Silitonga, Widya Putri Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.