INVESTIGASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL CALON GURU TERHADAP SEGIEMPAT
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i1.272
Keywords:
segiempat, pemahaman konseptual, calon guru matematikaAbstract
Segiempat sebagai materi geometri sekolah sangat penting untuk dipahami oleh guru matematika. Materi segiempat yang esensial perlu dikuasai dan dimiliki oleh guru matematika yaitu definisi dan klasifikasi segiempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman calon guru matematika dalam mengungkapkan definisi dan mengklasifikasi segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan bantuan vignette dianalisis dengan metode analisis isi. Data yang diperoleh selanjutnya direduksi, dikode, dikategori dan disimpulkan. Penelitian ini dilakukan dengan subjek calon guru matematika yang belajar di Pendidikan Profesi Guru Universitas Halu Oleo pada tahun akademik 2018, berjumlah 29 mahasiswa calon guru (8 laki-laki & 21 perempuan) berusia antara 23 – 28 tahun. Dari data diperoleh, ditemukan bahwa sebagian besar calon guru matematika cukup baik dalam mendefinisikan trapesium, persegi dan belahketupat tetapi mengalami kesulitan dalam mendefinisikan layang-layang, jajargenjang, persegipanjang secara ekonomis. Sebagian besar calon guru cukup baik dalam mengklasifikasi segiempat secara inklusif atau secara eksklusif, tetapi ada beberapa yang mengalami kesulitan mengklasifikasi persegi dan belahketupat dengan tepat. Sebagian besar calon guru masih berada pada tingkat developing-conceptual pemahaman konseptualnya terhadap segiempat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.