MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

  • Lela Wulandari Baidin Universitas Negeri Gorontalo
  • Majid Majid Universitas Negeri Gorontalo
  • Siti Zakiyah Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Problem Centered Learning, Relasi dan Fungsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada ranah afektif, psikomotor serta kognitif pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas VIII dan aktivitas siswa setelah dibelajarakan dengan pendekatan Problem Centered Learning serta kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan pendekatan Problem Centered Learning. Prosedur penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan karena penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan Problem Centered Learning. Peningkatan dari siklus I ke siklus II  tersebut berupa : (1) hasil pengamatan kegiatan guru mengelola pembelajaran beroleh kategori baik dan sangat baik 57.15% meningkat menjadi 82.15%; (2) hasil pengamatan aktivitas siswa beroleh kategori baik dan sangat baik 51.60% meningkat menjadi 84.40%; (3) hasil belajar matematika siswa pada ranah afektif beroleh kategori baik dan sangat baik 59.10% meningkat menjadi 83.64%; (4) hasil belajar matematika siswa pada ranah psikomotor beroleh kategori baik dan sangat baik 54.55% meningkat menjadi 80.70%; (5) hasil belajar matematika pada ranah kognitif mencapai 55.00% yang tuntas, meningkat menjadi 82.00% yang tuntas. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Problem Centered Learning mampu meningkatkan hasil belajar matematika dari siswa pada pokok bahasan Relasi dan Fungsi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
26-05-2023
How to Cite
Baidin, L. W., Majid, M., & Zakiyah, S. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 296-310. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2576