SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS PBL

  • Muchtar Adam Muachor Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang
Keywords: kemampuan pemecahan masalah, problem based learning, PBL

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah keterampilan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang tepat akan memberikan pengalaman yang baik untuk siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Langkah-langkah penelitian SLR, yaitu: membuat pertanyaan penelitian dan kriteria seleksi, mengembangkan strategi pencarian,  proses seleksi artikel penelitian, membuat kode hasil penelitian, menilai hasil penelitian yang berkualitas, dan mensintesis hasil. Dari pencarian, didapatkan 31 artikel relevan yang diperoleh dari jurnal pendidikan matematika terindeks S1 (Sinta 1) sampai S3 (Sinta 3) yang dipublikasikan pada tahun 2015 sampai 2023. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan PBL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Para pendidik dapat menjadikan model PBL sebagai alternatif dalam melakukan pembelajaran matematika. Dengan menerapkan model PBL dalam pembelajaran, siswa akan mendapatkan pengalaman yang baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
29-05-2023
How to Cite
Muachor, M. A., & Agoestanto, A. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS PBL. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 323-335. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2536