STRUKTUR BERPIKIR MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERBASIS KONTEKS

  • Nasrullah Pemu Universitas Negeri Makassar
Keywords: Struktur Berpikir Matematis, Masalah Berbasis Konteks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurai prosedur yang dilakukan individu saat berpikir matematis dan memecahkan masalah matematis dalam konteks tertentu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dan bertempat di SMPN 23 Makassar yang terletak di Jalan Paccinang Raya, Tello Baru, Kec. Panakukkang, Kota Makassar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 23 Makassar tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan subjek dilakukan secara purposive yang melibatkan guru mata pelajaran matematika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi matematika dan pedoman wawancara. Untuk mendukung analisis data hasil penelitian ini, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak Quirkos. Adapun tahap analisis data dilakukan sebagai berikut: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur berpikir matematis peserta didik dalam memecahkan masalah yang diberikan ditunjukkan dengan urutan, pertama siswa akan menggunakan pengetahuan konten matematika mereka untuk mengenali sifat matematika dari sebuah situasi (masalah). Kemudian melakukan transformasi dengan menggunakan konsep, algoritma, dan prosedur matematika yang diajarkan di sekolah. Untuk mendukung pengambilan keputusan strategis, siswa tidak secara langsung menggunakan kemampuan berpikir reflektif, meskipun hal itu terlihat dalam argumen yang mereka bangun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
15-05-2023
How to Cite
Pemu, N. (2023). STRUKTUR BERPIKIR MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERBASIS KONTEKS. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 212-221. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2487