STRUKTUR BERPIKIR MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERBASIS KONTEKS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengurai prosedur yang dilakukan individu saat berpikir matematis dan memecahkan masalah matematis dalam konteks tertentu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dan bertempat di SMPN 23 Makassar yang terletak di Jalan Paccinang Raya, Tello Baru, Kec. Panakukkang, Kota Makassar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 23 Makassar tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan subjek dilakukan secara purposive yang melibatkan guru mata pelajaran matematika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi matematika dan pedoman wawancara. Untuk mendukung analisis data hasil penelitian ini, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak Quirkos. Adapun tahap analisis data dilakukan sebagai berikut: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur berpikir matematis peserta didik dalam memecahkan masalah yang diberikan ditunjukkan dengan urutan, pertama siswa akan menggunakan pengetahuan konten matematika mereka untuk mengenali sifat matematika dari sebuah situasi (masalah). Kemudian melakukan transformasi dengan menggunakan konsep, algoritma, dan prosedur matematika yang diajarkan di sekolah. Untuk mendukung pengambilan keputusan strategis, siswa tidak secara langsung menggunakan kemampuan berpikir reflektif, meskipun hal itu terlihat dalam argumen yang mereka bangun.
Downloads
Copyright (c) 2023 Nasrullah Pemu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.