PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA PESANTREN

  • Rizky Mauldan Muhammad Yusuf Rizky Universitas Siliwangi
  • Supratman Supratman Universitas Siliwangi
  • Puji Lestari Universitas Siliwangi
Keywords: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Regulated Learning

Abstract

Pemecahan masalah menjadi kemampuan dasar yang wajib dimiliki siswa dalam bermatematika, kemandirian belajar merupakan aspek afektif penting yang mampu memacu perkembangan berpikir siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan fakta di lapangan bahwa ketercapaian kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa pesantren masih belum optimal belum mampu untuk mereka menyelesaikan masalahnya sendiri, masih perlunya bimbingan dalam memahami masalah. Metode penelitian (R&D) dengan model ADDIE, bertujuan membahas secara komprehensif mengenai prosedur pengembangan articulate storyline untuk mengeksplor kemampuan pemecahan masalah matematis dan self regulated learning dengan memperhatikan karakteristik siswa pesantren.Instrumen pengumpulan data yaitu lembar validasi, angket respon guru dan siswa, lembar tes, angket self regulated learning. Teknik analisis data yang digunakan analisis kelayakan media dan efektivitas media. Media pembelajaran articulate storyline di validasi oleh 2 orang ahli validator media, lembar tes divalidasi oleh 2 orang ahli validator materi, angket self regulated learning divalidasi oleh 1 orang validator. Uji coba skala kecil kepada 5 siswa pesantren SMA Islam Cipasung untuk melihat kepraktisan media pembelajaran dan revisi sesuai hasil uji coba, serta uji coba skala besar kepada 25 siswa pesantren SMA Islam Cipasung. Hasil validasi media pembelajaran articulate storyline sebesar 84% dengan kategori sangat layak, dan hasil uji coba media pembelajaran articulate storyline dengan kategori sangat baik.  Hasil validasi dan uji coba penggunaan media pembelajaran articulate storyline layak dan valid untuk diberikan kepada siswa pesantren

Downloads

Download data is not yet available.
Published
07-05-2023
How to Cite
Rizky, R. M. M. Y., Supratman, S., & Lestari, P. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA PESANTREN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 137-149. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2460