PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KOMPOSISI dan INVERS FUNGSI UNTUK SISWA KELAS X SMK

  • Wega Tamara Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aprilia Dwi Handayani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aan Nurfahrudianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: pengembangan, modul elektronik, komposisi dan invers fungsi

Abstract

Penelitian ini bermaksud akan mengembangkan modul elektronik berbasis web yang memadai di mata pelajaran matematika materi komposisi dan invers fungsi dan juga meningkatkan pemahaman siswa terkait dengan membaca kata bahasa matematika yang menyebabkan siswa mendapatkan nilai dibawah KKM lantaran terkecoh dengan soal.  Acuan pengembangan yang digunakan yaitu model penelitian pengembangan oleh Borg and Gall. Metode pengumpulan informasi yang digunakan ialah wawancara dan kuesioner. Instrument wawancara digunakan untuk konfirmasi ke pengajar matematika kelas X. kemudian angket digunakan untuk validasi ahli materi, ahli media, beserta siswa kelas X di SMK PGRI 2 Kediri.

Bedasarkan hasil analisis data, hasil ujicoba kelayakan e-modul berbasis web atas ahli materi memperoleh 82,42% dan ahli media memperoleh 96,36%. Pada uji coba awal memperoleh 86,67%, uji coba lapangan terbatas memperoleh 85,50% dan pada uji coba lapangan utama mendapatkan 87,21%. Bisa disimpulkan sesungguhnya penggunaan e-modul berbasis web layak digunakan sehingga bisa menambah interprestasi kata bahasa matematika yang terdapat dikonsep materi komposisi dan invers fungsi untuk siswa kelas X di SMK PGRI 2 Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
19-04-2023
How to Cite
Tamara, W., Handayani, A. D., & Nurfahrudianto, A. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KOMPOSISI dan INVERS FUNGSI UNTUK SISWA KELAS X SMK. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 40-49. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2386