KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI TAHAPAN KRULIK DAN RUDNICK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA MTsS AL-MANAR

  • Intan Fadilla Universitas Syiah Kuala
  • Usman Usman Universitas Syiah Kuala
  • Anwar Anwar anwarramli@usk.ac.id
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, gaya belajar, lingkaran.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan penting pembelajaran matematika, namun tampilan kemampuan pemecahan masalah matematis antar siswa berbeda. Salah satu factor pengaruhnya adalah karakteritsik gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis eksplorasi. Subjek penelitian ini adalah 7 orang siswa yang dipilih dari 24 orang siswa kelas IX E di MTsS Al-Manar berdasarkan skor angket gaya belajar, yaitu 2 subjek bergaya belajar visual, 2 subjek bergaya belajar verbal, 1 subjek yang bergaya belajar auditori, serta 2 subjek bergaya belajar kinestetik. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data,  dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi waktu. Hasil analisis  menunjukkan subjek gaya belajar visual dan verbal mampu menampilkan semua tahapan pemecahan masalah read and think, explore and plan. Sedangkan subjek gaya belajar auditori mampu menampilkan sebagian tahap Krulik dan Rudnick, yaitu read and think. Subjek gaya belajar kinestetik tidak mampu menampilkan semua tahapan pemecahan masalah matematis, yang mencakup read and think, explore and plan, select a strategy, find an answer, dan reflect and extend. Implikasi dari penelitian ini diharapkan kepada guru dapat memberi bantuan secara maksimal baik berupa metode ataupun media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa, agar mendapatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
07-05-2023
How to Cite
Fadilla, I., Usman, U., & Anwar, A. (2023). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI TAHAPAN KRULIK DAN RUDNICK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA MTsS AL-MANAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 150-162. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2360