DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP DALAM MEMECAHKAN SOAL OPERASI HITUNG PECAHAN

  • Dwi Jumiati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indrie Noor Aini Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Deskripsi, Penalaran Matematis, Pendidikan Matematika

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari mulai dari sekolah dasar hingga sekolah tinggi. Pada pembelajaran matematika diharuskan memiliki 5 kemampuan dasar diantaranya kemampuan penalaran matematis. Oleh karena itu, memaparkan hasil tes tentang materi operasi hitung pecahan yang berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis ini menjadi salah satu tujuan peneliti dalam melakukan penelitiannya. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif yang merupakan salah satu metode untuk menggambarkan sesuatu yang terjadi. Selain itu, data yang diperoleh peneliti berasal dari 3 peserta didik kelas VII SMP sebagai subjek yang telah menjawab soal tes dengan lengkap dan akan dideskripsikan hasil jawabannya. Hasil penelitian didapatkan bahwa banyaknya peserta didik hanya mampu menggunakan 1 dari 4 indikator kemampuan penalaran matematis terhadap soal permasalahan yang diberikan. Jika melihat hasil jawaban keenam subjek tersebut membuktikan bahwa kemampuan penalaran peserta didik pada pembelajaran matematika masih terbilang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
18-04-2023
How to Cite
Dwi Jumiati, & Indrie Noor Aini. (2023). DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP DALAM MEMECAHKAN SOAL OPERASI HITUNG PECAHAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 14-27. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2333