PROFIL KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA SEBAGAI CALON GURU
Abstract
Pembelajaran matematika bersifat abstrak maka guru matematika harus memiliki keterampilan dalam mendesain dan melakukan pembelajaran yang berkualitas atau lebih dikenal dengan kompetensi profesional. Faktanya kompetensi profesional sejatinya mulai dimiliki calon guru sejak masih menjadi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kompetensi profesional mahasiswa tadris matematika sebagai calon guru. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan instrumen lembar observasi kompetensi profesional dan pedoman wawancara mahasiswa, pihak sekolah, alumni, dan pihak prodi. Adapun yang diperoleh dari profil kompetensi profesional mahasiswa prodi tadris matematika sebagai calon guru ini meliputi kompetensi yang diajarkan mahasiswa praktikan dalam proses pembelajaran di kelas adalah mata pelajaran matematika, artinya ini sudah sesuai bidang. Kemudian dalam perencanaan pembelajaran, mahasiswa praktikan secara mandiri telah memanfaatkan internet atau sumber belajar lainnya untuk mencari materi dan media yang tepat. Selanjutnya terkait dengan evaluasi yang dilakukan mahasiswa praktikan yaitu mahasiswa praktikan belum profesional dalam memberikan evaluasi. Berikutnya terkait dengan bahan pembelajaran atau materi pembelajaran yaitu mahasiswa praktikan sudah memahami materi pelajaran yang akan diajarkan, hanya saja materi yang dipahami hanya disajikan dan dijelaskan kembali kepada peserta didik sama seperti penyajian buku paket/pegangan peserta didik sehingga tidak ada bedanya.
Kata Kunci: Profil, Kompetensi profesional, Matematika, Calon guru.
Downloads
Copyright (c) 2023 Marni Zulyanty, Husni El Hilali, Ainun Mardia, Hedia Rizki, Susi Marisa, Azkya Milfa Laensadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.