PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COLLEGE BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 SABBANG SELATAN KABUPATEN LUWU UTARA

  • Stanislaus Hamis SMPN 1 Sabbang Selatan
Keywords: strategi, pembelajaran, college ball, hasil belajar matematika

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan strategi pembelajaran college ball yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sabbang Selatan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar matematika siswa dan lembar observasi aktivitas siswa untuk setiap siklus. Pelaksanaan tindakan yang dilakukan selama dua siklus. Analisis data hasil penelitian dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran college ball dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan sebesar 57,14% dengan rata-rata 67,10 dari skor ideal 100 dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 90,47% dengan rata-rata 79,67 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi pada siklus I sebesar 10,411 dan pada siklus II sebesar 8,452. Berdasarkan kategori penilaian yang digunakan, skor hasil belajar matematika siswa pada siklus I yang dikategorikan tuntas terdapat 15 orang siswa dan pada siklus II menjadi 25 orang siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran college ball dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sabbang Selatan pada materi persamaan kuadrat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
31-05-2022
How to Cite
Hamis, S. (2022). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COLLEGE BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 SABBANG SELATAN KABUPATEN LUWU UTARA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 120-130. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1810