PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COLLEGE BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 SABBANG SELATAN KABUPATEN LUWU UTARA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan strategi pembelajaran college ball yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sabbang Selatan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar matematika siswa dan lembar observasi aktivitas siswa untuk setiap siklus. Pelaksanaan tindakan yang dilakukan selama dua siklus. Analisis data hasil penelitian dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran college ball dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan sebesar 57,14% dengan rata-rata 67,10 dari skor ideal 100 dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 90,47% dengan rata-rata 79,67 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi pada siklus I sebesar 10,411 dan pada siklus II sebesar 8,452. Berdasarkan kategori penilaian yang digunakan, skor hasil belajar matematika siswa pada siklus I yang dikategorikan tuntas terdapat 15 orang siswa dan pada siklus II menjadi 25 orang siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran college ball dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sabbang Selatan pada materi persamaan kuadrat.
Downloads
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.