PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1798
Keywords:
Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Bangun Ruang Sisi Datar, CTLAbstract
Salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan matematika yaitu pola pengajaran yang lebih menekankan pada hafalan dan kecepatan berhitung. Guru memberitahukan konsep, siswa menerima bahan jadi. Demikian juga dalam latihan, dari tahun ke tahun soal yang diberikan adalah soal yang itu-itu juga tidak bervariasi, hanya berkisar pada pertanyaan apa, berapa, tentukan, selesaikan. Jarang sekali bertanya dengan menggunakan kata mengapa, bagaimana, darimana, atau kapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development) meliputi pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri atas Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Tes Hasil Belajar (THB). Berdasarkan hasil uji coba perangkat pembelajaran diperoleh banyaknya siswa yang tuntas belajar yaitu sebanyak 87,5% yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai. Hasil pengamatan aktivitas siswa diketahui bahwa semua kategori aktivitas siswa yang diamati memenuhi Interval Toleransi PWI (%) yang ditentukan. 68,75% merasa senang dengan pelajaran matematika apalagi jika matematika itu disajikan dengan singkat dan jelas. 100% merasa senang dengan buku siswa dan LKS yang digunakan. 100% senang dengan pembelajaran matematika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Semua kategori aktivitas guru yang diamati memenuhi Interval Toleransi PWI (%) yang ditentukan. Setelah dilakukan validasi dan revisi sebanyak 2 kali, perangkat pembelajaran “valid” dan “layak” untuk digunakan berdasarkan hasil penilaian para ahli. Dari hasil uji coba diketahui bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis CTL bersifat efektif dan praktis.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.