EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI MIA 2 MA DARUSSALAM BARANDASI

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1797

Authors

  • Khaerani Khaerani Universitas Muslim Maros
  • Syamsuriyawati Syamsuriyawati Universitas Muslim Maros
  • Muh. Arif Universitas Muslim Maros

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Darusslam Barandasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI MIA 2 MA Darussalam Barandasi . Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest- posttest design. Teknik pengumpulan data dengan menguunakan tes, angket serta lembar observasi. Data hasil penelitian terlebih dahulu dianalisis dengan menggunakan uji normalitas data, selanjutnya uji one sample t-test dan uji n- gain ternormalisasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar, respon dan aktivitas peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintifik berada pada kriteria baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Khaerani, K., Syamsuriyawati, S., & Arif, M. (2022). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI MIA 2 MA DARUSSALAM BARANDASI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 17–26. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1797