ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan awal yang mana subjek penelitian meliputi 3 siswa dari kelas VIII.7 SMP Negeri 26 Makassar, diantaranya 1 siswa yang memiliki kemampuan tinggi, 1 siswa yang memiliki kemampuan sedang, dan 1 siswa yang memiliki kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan awal dengan materi sistem koordinat kartesius dan tes kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual dengan materi yang sama. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Subjek yang berkemampuan komunikasi tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu subjek mampu memahami maksud dari soal tersebut, subjek sudah mampu menyelesaikan soal dengan tepat serta menuliskan kesimpulan menggunakan bahasa sendiri. (2 Subjek berkemampuan komunikasi sedang hanya mampu memenuhi 2 dari 3 indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu subjek sudah memahami soal akan tetapi belum menuliskan dan menjelaskan secara sistematis langkah-langkah penyelesaian dan penulisan simbol, istilah dan satuan yang masih kurang. (3) subjek berkemampuan komunikasi rendah hanya mampu memenuhi 1 daru 3 indikator kemampuan komunikasi yaitu subjek belum terlalu memahami maksud dari soal karena belum mampu menuliskan dan menjelaskan cara penyelesaian soal dengan benar baik dari simbol, istilah, satuan ,gambar dan kesimpulan.
Downloads
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.