Model Praktis Kesantunan Berbahasa dalam Pengumuman bagi Penumpang Kereta Rel Listrik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun komunikasi melalui bahasa yang santun
bagi penumpang kereta rel listrik sebagai salah satu penghubung kepada konsumen
pengguna kereta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
kualitatif dengan teknik observasi, analisis, dan dokumentasi. Data penelitian ini
berupa parktik kesantunan bahasa secara verbal dalam pengumuman KRL yang
diperoleh melalui pengamatan dan dokumentasi. Sumber data yang didaptkan
sebanyak 37 pengumuman verbal di KRL Gawok Solo-Yogyakarta selama 1 jam
perjalanan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan simak dan rekam kemudian
transkripsi serta diklasifikasikan berdasarkan aspek kesantunan berbahasa yang
digunakan, meliputi pengumuman “sapaan”, pengumuman "himbauan",
pengumuman "terima kasih", pengumuman “perintah” yang santun. Selanjutnya,
teknik analisis data dilakukan dengan analisis konteks yaitu mengidentifikasi dan
mendeskripsikan aspek-aspek kesantunan berbahasa berdasarkan teori Leech. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa aspek kesantunan berbahasa telah diupayakan
dalam pengumuman di KRL Gawok Solo-Yogyakarta, meskipun masih terdapat
beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Ditemukan 16 kalimat yang mengandung 4
aspek kesantunan bahasa yang terdiri dari pengumuman verbal “sapaan” sebanyak 2
data, pengumuman verbal “himbauan” sebanyak 7 data, pengumuman ucapan
“terima kasih” sebanyak 4 data, dan pengumunan verbal “perintah” ditemukan
sebanyak 2 data Peningkatan yang perlu dilakukan meliputi variasi penggunaan
kalimat untuk “sapaan, himbauan, terima kasih, perintah”
Downloads
References
Angraini, A. S., Rustinar, E., Kusumaningsih, D., Gunawan, H., & Atmaja, O. K. (2023).
Meningkatkan Kesantunan Siswa Melalui Penggunaan Tindak Tutur Direktif di
Sekolah. Esensi Pendidikan Inspiratif, 5(4).
https://journalpedia.com/1/index.php/epi/article/view/413
Aprilina, L., Wardarita, R., & Rukiyah, S. (2022). Kesantunan Berbahasa dalam Novel
Seputih Hati Yang Tercabik Karya Ratu Wardarita. Jurnal Educatio FKIP UNMA,
(2), 758-766. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2250
Atik Wahyuni, S. T., Mudjanarko, I. H. S. W., & St, M. T. (2020). Transportasi Publik: dari
Sisi Perempuan. Scopindo Media Pustaka.
Elra, Y. M. (2020). Kesantunan Berbahasa Sopir, Calo, dan Penumpang di Lingkungan
Terminal Bus Antarkota di Kabupaten Solok Selatan: Tinjauan Pragmatik.
Disertasi. Universitas Andalas.
Fatimah, S. (2019). Pengantar Transportasi. Myria Publisher.
Haeri, Z. (2021). Kesantunan Berbahasa Pada Media Jejaring Sosial (Whatsapp) Studi
Kasus Grup (Whatsapp) Bahasa Indonesia Di Kampus UTM Mataram.
Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, 6(2).
Irda, I., Emilda, E., & Maulidawati, M. (2022). Kesantunan Berbahasa Sopir Dan Kondektur
Di Lingkungan Terminal Lhokseumawe. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, 2(2), 195-206. DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v2i2.5465
Kholifah, N. N., Kusumaningsih, D., Wicaksana, M. F., & Areza, R. J. (2023). Memperjelas
Tindak Tutur Asertif melalui Penggunaan Deiksis dalam Webseries Imperfect 2
Episode 1-3. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 995-1011.
https://e-journal.my.id/onoma/article/view/2836
Krisdamarjati, Y. A (2021). KRL Solo-Jogja, Era Baru Transportasi Antarkota di Indonesia.
Dikases pada tanggal 24 Februari 2024 pukul 14.50 WIB.
Kusumaningsih, D., Hanifah, R. L., Muryati, S., Septiari, W. D., & Sudiatmi, T. (2023).
Implementasi Pendidikan Karakter dalam Masyarakat melalui Teknik
Menyelipkan Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan di Grup Whatsapp “Suara
Hati dalam Puisi. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 7(2), 225-237.
https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i2.696
Logan, K. G., Nelson, J. D., McLellan, B. C., & Hastings, A. (2021). Japan and the UK: Emission
predictions of Electric and Hydrogen Trains to 2050. Transportation Research
Interdisciplinary Perspectives, 10, 100344. https://doi.org/10.1016/j.trip.2021.100344
Marlinda, S. (2020). Pelanggaran Maksim Kesantunan Berbahasa dalam Novel Ronggeng
Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran
Bahasa Indonesia di SMA. Tesis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta.
Marsela, A., & Hendaryan, H. (2022). Kesantunan Berbahasa Dalam Acara Dua Sisi Episode
Cap Gubernur Pembohong. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia, 6(2), 196-205. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7829
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mugrib, N. C. (2020). Tindak Tutur Direktif dan Kesantunan Berbahasa Pada Komunikasi
Transportasi Laut. Disertasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Najichah, A. F., & Nurfadilah, K. D. (2021). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa
dalam Komunikasi Melalui Pesan Whatsapp Antara Mahasiswa dan Dosen.
Mahakarya: Student's Journal of Cultural Sciences, 2(2), 71-79.
https://doi.org/10.22515/mjmib.v2i2.4859
Nur, K. Z. (2019). Kesalahan Bentuk dan Pilihan Kata dalam Penggunaan Bahasa Indonesia
di Ruang Publik di Provinsi Lampung. Kelasa, 14(2), 259-274.
https://pdfs.semanticscholar.org/ec0b/b2e17f4e5e624f7dbcd38e5ad46cea19216b.pdf
Pradana, F. I. (2022). Analisis Penggunaan Strategi Kesantunan Petugas Check In Counter
Di Bandar Udara Yogyakarta International Airport. Jurnal Manajemen Dirgantara,
(1), 82-88. DOI: https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v15i1.572
Pramujiono, A., Suhari, S. H., Rachmadtullah, R., Indrayanti, T., & Setiawan, B. (2020).
Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karater, dan Pembelajaran Yang Humanis.
Indocamp.
Roysa, M., & Kanzunnudin, M. (2021). Bentuk Kesantunan Tuturan Pendidik dengan
Peserta Didik dalam Interaksi Pembelajaran. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan
Sastra, 4(2), 311-328. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5850
Sejahtera, Puspa. (2018). Tindak Tutur Ilokusi pada Papan Pengumuman Stasiun Kereta
Api di Banten. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Sugiyono. (2019). Metode Peneliian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alpabet.
Sukmawan, R. (2022). Bagaimana Muka diwujudkan dalam Interaksi Komunikasi pada
Pertunjukan Wayang Sukuraga. PRASASTI: Journal of Linguistics, 7(2), 227-242.
Https://doi.org/10.20961/prasasti.v7i2.55894
Sukmayani, N. S. (2023). Monograf Kesantunan Bahasa. Deepublish.
Wahyuni, S. (2020). Kesalahan Berbahasa dalam Bidang Pariwisata di Ruang Publik
Kabupaten Rembang (The Misspelling of Indonesian Language in Rembang
Regency Public Space on Tourism Area). Jalabahasa, 16(2), 159-170.
Https://Doi.Org/10.36567/Jalabahasa.V16i2.643
Wicaksana, M. F., & Sudiatmi, T. (2021). Budaya Kearifan Lokal pada Cerita Rakyat Islami
sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia (Local Wisdom Culture in Islamic Folklore as
An Indonesian Language Teaching Material). Sawerigading, 21(1), 45–53.
https://doi.org/https://doi.org/10.26499/sawer.v27i1.865
Widiyanto, G., & Kemdikbud, P. B. (2018). Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Lanskap
Linguistik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. In Prosiding Seminar dan
Lokakarya Pengutamaan Bahasa Negara Lanskap Bahasa Ruang Publik: Dimensi
Bahasa, Sejarah, dan Hukum (pp. 71-83).
Widiyantoro, D. (2021). Studi Kapasitas Daya Angkut Material dengan Kereta Api
Terhadap Angkutan Barang/Material Koridor Makassar Pare= Analysis Study of
The Characteristic of Makassar Pare-Pare Railroad Material Carrying Capacity.
Disertasi. Universitas Hasanuddin
Wulansafitri, I., & Syaifudin, A. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Tuturan Film My
Stupid Boss 1. Jurnal Sastra Indonesia, 9(1), 21-27.
https://doi.org/10.15294/jsi.v9i1.33847
Yanti, N., & Hiasa, F. (2021). Implementasi Kesantunan Berbahasa Pedagang Ikan Di
Kawasan Pesisir Kota Bengkulu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), 73-85. DOI:
Copyright (c) 2024 Winda Setyawati, Muhlis Fajar Wicaksana, Dewi Kusumaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.